Arus Lalu Lintas Cijelag-Cirebon Padat

Red: Yudha Manggala P Putra

Sabtu 10 Aug 2013 06:52 WIB

Sejumlah pemudik memadati jalan raya sebelum pintu tol Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (15/8). Pemudik mulai ramai dan memadati jalan pada H-4 lebaran. Foto: Antara Foto Sejumlah pemudik memadati jalan raya sebelum pintu tol Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (15/8). Pemudik mulai ramai dan memadati jalan pada H-4 lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Arus lalu lintas di pertigaan Cijelag Kabupaten Sumedang mengarah Cirebon melintasi Kadipaten Majalengka tampak padat memasuki hari kedua lebaran Idul Fitri.

Pewarta Antara dari Cirebon, Sabtu, melaporkan ratusan kendaraan roda empat sempat tertahan di pertigaan Cijelag yang merupakan pintu keluar dari arah jalan alternatif Cikamurang dari Kabupaten Subang melintasi kawasan hutan kayu putih Indramayu.

Tapi, kepadatan itu dapat diurai oleh petugas Pos Pam lebaran setempat. "Kendaraan roda empat dari arah Cikamurang yang mengarah Cirebon bertemu dipertigaan Cijelag ratusan pemudik sepat tertahan meski mudah diuraikan," kata petugas Pos Pam lebaran di Cijelag, Aiptu Suparjo.

Ia mengatakan hari kedua lebaran aktifitas masyarakat setempat dan arus mudik lebaran masih terjadi, volume kendaraan meningkat dibandingkan dengan hari pertama Idul Fitri, terutama mengarah Cirebon.

Pengguna jalan dari Cikamurang sempat dialihkan oleh petugas Pos Pam lebaran menuju jalur utama Pantura arah Terisi.

Sementara itu, Jajang, pemudik roda dua asal Bandung menuturkan, hari kedua lebaran Idul Fitri arus lalu lintas dari Bandung menuju Cirebon padat, volume kendaraan cukup tinggi, baik mereka yang menggunakan roda dua juga mereka yang bermobil.

Ia menambahkan perjalanan dari Bandung hingga pertigaan Cijelag sekitar enam jam, padahal biasanya tiba di Cirebon sekitar tiga jam, sejumlah titik kemacetan menghambat pemudik seperti di pasar Tanjung Sari dan Cimalaka.

Bahkan di pertemuan arus lalu lintas Cijelag dimana pengendara dari Cikamurang tertahan di pertigaan tersebut.

Setelah persimpangan Kadipaten dari jembatan perbatasan Sumedang hingga Tomo kembali terjadi antrean cukup panjang, di pertigaan Cijelag arah Cikamurang ada pertemuan dengan kendaraan dari Bandung hingga ratusan kendaraan menumpuk.

Sementara itu Briptu Dadan petugas Pos Pam lebaran di Sumedang menuturkan volume kendaraan dari arah Cirebon dan Majalengka terus meningkat menuju pertigaan Cijelag tembus Cikamurang.

"Antrean panjang terjadi dari Jatiwangi hingga Cijelag, pemudik balik dari arah Jawa Tengah memilih jalur Cikamurang," katanya.

Terpopuler