Stasiun Senen Mulai Terima Arus Balik

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Hafidz Muftisany

Jumat 09 Aug 2013 19:01 WIB

Pemudik tiba di Stasiun Senen, Jakarta. Foto: Antara/Rosa Panggabean Pemudik tiba di Stasiun Senen, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA PUSAT -- Memasuki hari kedua lebaran, Jumat (9/8), arus balik melalui Stasiun Senen, Jakarta mulai terlihat. Peningkatan kedatangan arus balik diperkirakan bakal terjadi pada H+3 dan H+4 masa lebaran kali ini.

Pada hari kedua lebaran kali ini, Stasiun Senen, diprediksi menerima delapan ribu penumpang. Hingga pukul 18.00 WIB, baru enam ribu penumpang datang dengan 18 kereta.

"Sudah ada pergerakan arus balik di hari kedua lebaran ini. Tapi tentu belum terlalu maksimal,'' kata Kepala Stasiun Senen, Dwi Sulistiono, kepada Republika, Jumat (9/8).

Dwi menambahkan, pihaknya memperkirakan jumlah paling besar kedatangan penumpang selama libur lebaran di Stasiun Senen akan terjadi pada H+3 dan H+4. Secara keseluruhan, hingga H+10, Stasiun Senen akan menerima kedatangan penumpang arus balik sekitar 18 ribu orang.

Pihaknya menyiagakan sekitar 230 petugas gabungan untuk mengamankan jalannya arus balik.

Dwi mengakui banyak warga Jakarta yang memilih tidak turun di Stasiun Senen. Kebanyakan pemudik, yang tinggal di daerah pinggiran Ibu Kota, lebih memilih untuk turun di Stasiun Jatinegara ataupun di Stasiun Bekasi.