Arus Balik Diprediksi Lebih Lancar

Rep: Halimatus Sadiyah/ Red: Hafidz Muftisany

Jumat 09 Aug 2013 16:07 WIB

 Petugas memantau monitor arus mudik di Pos Pengamanan Ketupat Lodaya 2013, Cikopo, Purwakarta, Ahad (4/8). (Republika/ Yasin Habibi) Petugas memantau monitor arus mudik di Pos Pengamanan Ketupat Lodaya 2013, Cikopo, Purwakarta, Ahad (4/8). (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah tengah bersiap-siap menghadapi arus balik setelah libur lebaran usai. Tahun ini, arus balik diprediksi lebih lancar dibanding pada saat arus mudik.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono memperkirakan, tidak akan ada kemacetan ekstrem yang terjadi pada arus balik. Hal itu karena adanya perbedaan masa libur.

Dia mengatakan, bagi pegawai negeri sipil (PNS), aktivitas kerja akan kembali dimulai pada Senin (12/8). Sementara, pegawai swasta umumnya baru akan kembali bekerja pada Rabu (14/8). Sedangkan pelajar umumnya baru akan kembali ke sekolah pada Senin (19/8).

"Walaupun arus balik tidak akan sekompleks arus mudik, tapi semua petugas akan tetap siaga," kata dia di Posko Nasional Angkutan Lebaran 2013, Jumat (9/8).

Pemerintah, kata Bambang, juga akan tetap waspada dan menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas apabila terjadi kemacetan panjang.