Pemudik Datang, Kebutuhan Air Membengkak

Rep: Edy Setiyoko/ Red: Hafidz Muftisany

Jumat 09 Aug 2013 15:34 WIB

Petugas PDAM memeriksa kadar air di sebuah instalasi Foto: Antara Petugas PDAM memeriksa kadar air di sebuah instalasi

REPUBLIKA.CO.ID, SRAGEN -- Konsumsi air bersih pada saat lebaran tahun ini  meningkat hingga tiga kali lipat dibanding kebutuhan pada hari biasa. Ini akibat bertambahnya konsumen air baku dari pemudik.

Untuk mengantisipasi terpenuhinya kebutuhan air selama Lebaran, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirto Negoro, Kabupaten Sragen, telah menambah dua reservoir. Tandon air dikhususkan untuk wilayah yang diperhitungkan banyak warga pemudik, yakni Kecamatan Gondang dan Sambirejo.

Direktur Teknik PDAM Tirto Negoro Kabupaten Sragen, Sukarno, Jumat (9/8), menjelaskan, kedua daerah tersebut konsumsi air baku paling banyak dibanding daerah lain. Hal itu, karena mayoritas warga Sambirejo dan Gondang warga perantau. Mereka pulang berbondong-bondong ke Sragen saat lebaran.

Sedangkan secara umum, konsumsi masyarakat di Kabupaten Sragen adalah 14 meter kubik per bulan. ''Tapi, jumlah ini diperkirakan akan naik menjadi 18 sampai 19 meter kubik per bulan selama lebaran,'' kata Sukarno.

Direktur Umum PDAM Tirto Negoro Kabupaten Sragen, M Sholeh, pada saat lebaran menyiapkan sistem pengaduan masyarakat secara online selama 24 jam. Kalau hari biasa hanya ada satu layanan call center, tapi saat lebaran akan ditambah tiga call center. Sehingga ada empat call center yang bisa dihubungi masyarakat bila terjadi gangguan air PDAM.

Terpopuler