Arus Balik dari Bojonegoro Diperkirakan Mulai Sabtu

Red: Dewi Mardiani

Jumat 09 Aug 2013 10:36 WIB

 Arus Mudik Lebaran (ilustrasi) Foto: Republika/ Yasin Habibi Arus Mudik Lebaran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOJONEGORO -- Arus balik ke berbagai kota dari Terminal Rajekwesi, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, diperkirakan mulai terjadi pada Sabtu (10/8) sampai H+7 Lebaran 2013.

"Kalau saat ini baik penumpang datang maupun yang keluar masih penumpang yang berlebaran. Meskipun bisa saja ada penumpang arus balik ke luar," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Terminal Rajekwesi Dinas Perhubungan Bojonegoro Sentot WS, Jumat (9/8).

Hal senada disampaikan petugas di Terminal Rajekwesi Suprapto yang menyebutkan bahwa arus balik kemungkinan tidak hanya terjadi sampai H+7, bahkan kemungkinan sampai akhir Agustus. "Terutama penumpang dari sejumlah desa di Tuban yang bekerja di sektor swasta di kota-kota besar lebih senang pulang di akhir liburan," jelasnya.

Namun, menurut dia, penumpang pegawai negeri sipil (PNS) juga perusahaan swasta akan mulai kembali ke tempatnya bekerja diberbagai kota di Jatim, bahkan juga ke Jakarta, juga kota lainnya yang melalui terminal setempat akan mulai kembali Sabtu. "Sesuai jadwal libur Hari Raya Idul Fitri PNS harus kembali bekerja Senin (12/8)," ujarnya.

Lebih lanjut Suprapto menjelaskan penumpang bus jurusan Bojonegoro-Surabaya yang berangkat sejak pagi tadi pukul 02.15 WIB dengan jumlah lebih dari 15 bus relatif masih sepi penumpang. "Tapi penumpang bus dari arah Surabaya yang masuk terminal selalu penuh penumpang. Mereka kebanyakan penumpang yang berlebaran ke Surabaya atau Lamongan dan Gresik," tuturnya.

Data di terminal setempat puncak arus mudik terjadi H-1 dengan jumlah penumpang yang datang dari berbagai kota di Jawa mencapai 6.275 penumpang. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan dengan penumpang datang pada lebaran tahun lalu juga H-1 sebanyak 4.548 penumpang. Sementara itu, pada hari H penumpang datang mencapai 4.955 penumpang, meningkat dibandingkan tahun lalu dengan jumlah 3.779 penumpang.

Sedangkan jumlah penumpang berangkat dari terminal setempat ke berbagai kota H-1 sebanyak 5.928 penumpang, meningkat dibandingkan lebaran tahun lalu dengan jumlah 4.523 penumpang. Pada hari H penumpang berangkat sebanyak 4.668 penumpang, meningkat dibandingkan lebaran tahun lalu sebanyak 3.395 penumpang.

Terpopuler