Cegah Macet di Simpang Jomin, Polisi Lakukan Rekayasa Lalin

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Djibril Muhammad

Jumat 09 Aug 2013 10:30 WIB

Simpang Jomin, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Foto: http://vmg2.wordpress.com Simpang Jomin, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemacetan lalu lintas kerap terjadi di Simpang Jomin yang berada di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, baik pada saat arus mudik maupun arus balik. Untuk mencegah kemacetan ekstrem pada saat arus balik, polisi akan membuat rekayasa lalu lintas pada jalur tersebut.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Pudji Hartanto mengatakan, pada arus balik, polisi akan memuat Simpang Jomin, yang semula dua lajur, menjadi tiga lajur agar dapat dilintasi kendaraan lebih banyak.  

"Saat arus mudik dibuka tiga lajur, arah sebaliknya dua lajur. Sekarang dibalik, arus pulang tiga lajur, arah sebaliknya jadi dua lajur," ujarnya.

Pudji menambahkan, petugas dari kepolisian juga akan difokuskan untuk berjaga pada jalanan yang akan dilintasi pemudik untuk balik ke Jakarta. Sementara, puncak arus balik sendiri diprediksi akan terjadi pada Sabtu dan Minggu ini.