Saat Menunaikan Shalat Id, Jamaah Aboge Didatangi Kawanan Kera

Red: Didi Purwadi

Jumat 09 Aug 2013 09:22 WIB

Ribuan penganut Islam Aboge (Alif Rebo Wage) di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, bersilahturahim di tengah sejumlah kera yang asyik bermain. Foto: Antara/Sumarwoto Ribuan penganut Islam Aboge (Alif Rebo Wage) di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, bersilahturahim di tengah sejumlah kera yang asyik bermain.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Ratusan pengikut Islam Aboge (Alif Rebo Wage) melaksanakan Shalat Idul Fitri 1434 Hijriah di Masjid Saka Tunggal Baitussalam, Desa Cikakak, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat pagi ini.

Usai melakukan Shalat Id, para penganut Islam Aboge bersilaturahim dengan seluruh warga Desa Cikakak yang telah menunggu di sekitar masjid sejak pelaksanaan Shalat Idul Fitri itu.

Fenomena menarik muncul selama prosesi silaturahim yang dilaksanakan dengan mengeliling masjid tersebut. Yakni, kemunculan puluhan kera ekor panjang di antara warga yang saling bersalam-salaman.

Saat shalat masih berlangsung, beberapa ekor kera itu pun tampak mendekati para jamaah. Tapi, kawanan kera ekor panjang ini tidak mengganggu aktivitas warga yang melaksanakan shalat maupun saat bersilaturahim.

Selanjutnya, para pengikut Islam Aboge ini menggelar kendurian di Masjid Saka Tunggal Baitussalam maupun mushala yang tersebar di beberapa dusun dengan menyantap hidangan yang mereka bawa dari rumah masing-masing.

"Makanan yang dibawa sesuai kemampuan warga, bukan untuk dipamerkan. Ini sebagai wujud kebersamaan dan rasa syukur karena telah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan selama 30 hari penuh tanpa halangan," kata salah seorang pengikut Islam Aboge, Ahmad Ghofar (44).

Selain santap bersama, sebagian makanan tersebut juga akan dibagikan kepada warga yang tidak mampu.

Terpopuler