Jamaah Aboge Baru Shalat Id Hari Ini

Red: Didi Purwadi

Jumat 09 Aug 2013 09:12 WIB

Jamaah Aboge Foto: Antara Jamaah Aboge

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Ratusan pengikut Islam "Aboge" (Alif Rebo Wage) melaksanakan Shalat Idul Fitri 1434 Hijriah di Masjid Saka Tunggal Baitussalam, Desa Cikakak, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat pagi, ketika umat Islam umumnya telah berlebaran hari kedua.

Dalam khotbah berbahasa Arab, Khatib Suyitno mengajak umat Islam untuk tetap menerapkan ukhuwah islamiyah dalam kehidupan sehari-hari.

Khatib mengatakan ibadah puasa Ramadhan yang telah dilaksanakan selama 30 hari merupakan salah satu wujud membentuk mukmin sejati, sehingga membawa manusia kembali ke fitrahnya pada Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 Hijriah.

Usai melaksanakan Shalat Ied yang dipimpin Imam Sulam dan dilanjutkan khotbah, seluruh jamaah bersalam-salaman di dalam masjid untuk kaum pria. Sedangkan, perempuannya bersalaman di halaman masjid.

Selama prosesi salam-salaman untuk saling memaafkan, para pengikut Islam Aboge ini mengumandangkan salawat yang dipadukan dengan bahasa Jawa.

Setelah prosesi tersebut berakhir, para penganut Islam Aboge bersilaturahim dengan seluruh warga Desa Cikakak yang telah menunggu di sekitar masjid sejak pelaksanaan Shalat Idul Fitri itu.

Terpopuler