Ribuan Warga Shalat Ied di Universitas Cenderawasih

Red: Yudha Manggala P Putra

Kamis 08 Aug 2013 07:16 WIB

Salat Idul Fitri. Foto: Republika/Aditya Pradana Putra Salat Idul Fitri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Ribuan umat Muslim Warga Kota Jayapura dan sekitarnya, khususnya yang bermukim di wilayah Abepura, memenuhi halaman kampus Universitas Cenderawasih Abepura, untuk melakukan Shalat Idul Fitri 1434 Hijriyah.

Seperti dipantau di Jayapura Kamis (8/8) pagi, warga mulai berdatangan memasuki halaman yang tepat berada di pinggir jalan utama tersebut, khusuk mengikuti shalat Ied yang dipimpin Imam Haji Jalaludin Tiflen, S.Pd, M.Pd dan Khatib Ustad H. Subhan Mafids Massa, Lc.

Para jamaah pria, wanita dan anak-anak pun dengan seksama mengikuti dan mendengarkan khotbah yang diberikan khatib.

Sementara itu petugas keamanan dari kepolisian dan pemuda muslim tampak mengatur jamaah yang akan memasuki lapangan.

Tampak pula aparat kepolisian menjaga arus lalulintas agar tidak terjadi kemacetan, dan mengatur jamaah memarkirkan kendaraan mereka.

"Berbuatlah yang saleh selama hidupmu agar kelak nanti mendapatkan tempat yang baik disisi-Nya," kata Khatib Ustad H. Subhan Mafids Massa, Lc dalam kotbahnya.

Dia katakan, hidup saleh adalah hidup yang menjalankan segala perintah Allah dan menjahui larangan-Nya. Untuk itu umat muslim dituntut hidup yang saleh, selalu berbuat baik kepada sesamanya dan kaum yang kurang daripadanya.

"Tak terasa sudah sebulan kita jalankan ibadah puasa, dan hari ini hari kemenangan bagi kita. Hiduplah yang saleh dan baik di mata Allah SWT," ujarnya.

Selain di halaman kampus Uncen Abepura, Shalad Ied di kota Jayapura juga di beberapa titik, antara lain di lapangan Brimob Kotaraja dan di halaman Korem 172/PWY Padangbulan.

Terpopuler