13 Orang Meninggal Selama Arus Mudik

Red: Dewi Mardiani

Kamis 08 Aug 2013 05:13 WIB

Kecelakaan lalu lintas. Ilustrasi Foto: Republika Kecelakaan lalu lintas. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Sebanyak 13 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, selama arus mudik Lebaran 2013 sejak 31 Juli sampai 6 Agustus.

Angka itu sesuai dengan data Pos Kesehatan Lebaran Dinas Kesehatan Karawang yang dihimpun dari pos-pos kesehatan, Puskesmas, dan rumah sakit yang tersebar di sejumlah daerah tersebut, kata Koordinator Pos Kesehatan Dinas Kesehatan Karawang Rosid, Rabu (7/8).

Ia mengatakan, sebanyak 13 orang yang meninggal dunia selama musim mudik Lebaran tersebut tidak hanya pemudik. "Dari 13 orang yang meninggal dunia akibat kecelakaan itu, sebanyak 10 orang di antaranya korban dari pemudik dan tiga korban lainnya merupakan warga lokal Karawang," kata Rosid.

Dikatakannya, untuk korban kecelakaan cedera akibat kecelakaan lalu lintas sebanyak 298 orang, yang terdiri dari korban pemudik sebanyak 143 orang, warga lokal Karawang sebanyak 149 orang, dan petugas yang cedera akibat kecelakaan sebanyak 16 orang.

Sedangkan dari 298 orang yang menjadi korban kecelakaan itu, sebanyak 167 orang mengalami luka ringan, luka sedang sebanyak 76 orang, serta yang mengalami luka berat sebanyak 55 orang.

Menurut Rosid, kasus yang ditangani Pos Kesehatan di sepanjang jalur mudik wilayah Karawang tersebut tidak hanya kejadian kecelakaan lalu lintas. Pihaknya juga menerima pemeriksaan kesehatan para pemudik dan petugas yang memanfaatkan Pos Kesehatan di wilayah karawang.

Terpopuler