Masjid Al Azhar Bagikan 22 Ton Zakat

Rep: Irfan Abdurrahmat/ Red: Hafidz Muftisany

Rabu 07 Aug 2013 17:19 WIB

Pembagian zakat fitrah di Masjid Al Azhar, Jakarta, Rabu (7/8) Foto: Republika/Irfan Abdurrahmat Pembagian zakat fitrah di Masjid Al Azhar, Jakarta, Rabu (7/8)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA SELATAN -- Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran, Jakarta membagikan 22 ton beras hasil penerimaan zakat fitrah.‬‪

Sekira 22 ton beras tersebut dibagi menjadi 8.0001 kantung beras. Ketua Seksi Pendistribusian Zakat Fitrah Masjid Al Azhar, Isa Syamsudin mengatakan kepada Republika, Rabu (07/8), pembagian zakat kepada para warga berjalan dengan lancar.

"Proses pembagian zakat tahun ini dibagikan dalam dua proses. Baik itu yang datang langsung maupun yang mengajukan ke pos-pos pelayanan zakat di Masjid Al Azhar," ujarnya.

‬Dia menjelaskan, pada dasarnya kewajiban zakat fitrah seseorang adalah sesuai dengan apa yang biasa dimakannya. Oleh karena itu, panitia juga menerima zakat dalam bentuk beras.

Dia menambahkan, proses pembagian zakat ini sangat sederhana sekali. Pertama-tama warga dikumpulkan terlebih dahulu di pelataran masjid. Setelah warga berkumpul kemudian didata dan dibagikan kupon pengambilan zakat fitrah ini.

Isa memaparkan, masing-masing warga berhak menerima satu kantung beras. Beras 2,75 kilogram tersebut bisa dibawa warga setelah menukarkan kupon.

Bagi ibu-ibu yang membawa anak kecil, dibagikan dua kantung. Satu balita mendapatkan jatah satu kantung beras.

Dia menjelaskan, pembagian zakat hari ini merupakan kali kedua dalam pendistribusian zakat. Pembagian zakat Masjid Al Azhar telah berlangsung sejak 06 Agustus 2013 kemarin.

Terpopuler