Pemudik Banyak Beralih ke Jalur Selatan

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Mansyur Faqih

Rabu 07 Aug 2013 15:04 WIB

 Kendaraan memadati ruas jalur utama pantura Subang-Karawang, Jawa Barat, Ahad (4/8).  (Republika/Yasin Habibi) Kendaraan memadati ruas jalur utama pantura Subang-Karawang, Jawa Barat, Ahad (4/8). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemudik yang melewati jalur pantai utara (Pantura) tahun ini berkurang di banding tahun lalu. Sebab, sebagian pemudik saat ini mulai beralih menggunakan jalur selatan. 

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susanto mengatakan, saat ini perbandingan pemudik yang melewati jalur pantura sekitar 55 persen. Sementara pemudik yang melewati jalur selatan sekitar 45 persen. 

Padahal, lanjut dia, tahun lalu, perbandingan antara pantura dan selatan 70 banding 30. "Saat ini persebarannya sudah mulai merata. Jadi tidak ada beban yang berlebihan di jalur Pantura," ujarnya pada wartawan di Posko Kemenhub, Rabu (7/8). 

Persebaran yang semakin merata tersebut membuat kemacetan ekstrem dapat dihindari. Menurut dia, pada musim mudik tahun ini, waktu tempuh yang dibutuhkan pemudik juga relatif lebih pendek dari pada tahun lalu. 

"Pemotor dari Bekasi ke Palimanan hanya butuh waktu 10 hingga 12 jam. Padahal tahun lalu bisa sampai 20 jam, bahkan lebih," ujarnya. 

Terpopuler