Angka Kecelakaan Mudik Capai 1124

Rep: Halimatus Sadiyah/ Red: Hafidz Muftisany

Rabu 07 Aug 2013 13:07 WIB

Sebuah motor tergelincir di Jalur Pantura Foto: Republika/Yasin Habibi Sebuah motor tergelincir di Jalur Pantura

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hingga H-2 Idul Fitri, Selasa (6/8), jumlah kecelakaan selama musim mudik 2013 mencapai 1124 kasus. Dari jumlah tersebut, 712 di antaranya kecelakaan yang dialami pemudik bermotor.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pudji Hartanto mengatakan, jumlah kecelakaan pada musim mudik kali ini menurun jika dibandingkan data tahun lalu. Pada 2012, kata dia, jumlah kecelakaan hingga H-2 mencapai 1705 kasus.

"Ada penurunan 34 persen dibanding tahun lalu," ujar dia di gedung Kementerian Perhubungan, Rabu (7/8).

Selain itu, lanjut Pudji, jumlah korban meninggal dalam kecelakaan juga menurun. Saat ini, hingga H-2, jumlah korban jiwa mencapai 232. Sementara, pada tahun lalu di waktu yang sama, jumlah korban meninggal sudah mencapai 276 jiwa. 

Menurut Pudji, menurunnya jumlah kecelakaan tahun ini disebabkan makin sedikitnya jumlah pemudik yang menggunakan motor. Sebab, kata dia, pemerintah sudah memberikan fasilitas angkut motor gratis menggunakan kereta dan kapal laut.

Namun demikian, kata Pudji, hingga saat ini jumlah kecelakaan yang dialami pengguna kendaraan roda dua memang masih mendominasi. Namun demikian, jumlahnya turun 60 persen dibanding tahun lalu.