Ribuan Pemudik Masih Padati Terminal di Palu

Red: Hazliansyah

Rabu 07 Aug 2013 10:26 WIB

Terminal bus. Ilustrasi Foto: ANTARA Terminal bus. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Memasuki H-1 Lebaran, arus mudik di Terminal Tipo dan Mamboro Palu, Sulawesi Tengah masih cukup padat. Pucak arus mudik sendiri terjadi pada H-3 dan H-2 Lebaran.

Kepala Terminal Tipo Amiruddin, Rabu, mengatakan dalam dua hari itu jumlah penumpang yang diberangkatkan dengan bis angkutan kota antar provinsi dan angkutan kota dalam provinsi (AKAP/AKDP) serta angkutan pedesaan ke berbagai kota di dalam maupun luar Sulteng di atas 2.000 orang.

Sementara hari ini diperkirakan jumlah pemudik yang akan diberangkatkan sekitar 1.500 orang.

Hal senada juga disampaikan Kepala Terminal Mamboro Mohammad Danial. Ia mengatakan pemudik pada H-1 Lebaran yang diberangkatkan dari terminal itu masih cukup banyak.

"Tapi tidak sepadat pada H-3 dan H-2 Lebaran," katanya.

Ia juga mengatakan untuk memberikan kenyamanan dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dalam perjalanan mudik, pihak Terminal Mamboro melakukan tes urine bagi para sopir. Namun, katanya, tidak semua sopir yang melalukan tes urine.

"Program ini dilakukan semata-mata untuk kelancaran dan kenyamanan perjalanan para pemudik. Selain itu, tentu untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan karena faktor manusia.

Disamping itu, bekerja sama dengan Polda dan Jasa Raharja Sulteng menggelar pelayanan kesehatan gratis bagi para sopir, penumpang dan juga masyarakat sekitarnya.

Program ini merupakan rutin dilakukan setiap menghadapi hari raya Idul Fitri dan Natal.