Ambulans Laut Bersiaga Antisipasi Kecelakaan Penyeberangan

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Dewi Mardiani

Rabu 07 Aug 2013 09:31 WIB

Sejumlah siswa sekolah naik di atas perahu pulang ke pulau di Kepulauan Seribu dari Dermaga Pulau Pramuka, Jakarta, Jumat (17/2). (Republika/Wihdan Hidayat) Sejumlah siswa sekolah naik di atas perahu pulang ke pulau di Kepulauan Seribu dari Dermaga Pulau Pramuka, Jakarta, Jumat (17/2). (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, MUARA ANGKE -- Untuk mengantisipasi kecelakaan penyeberangan laut, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) siagakan ambulans laut dan tim kesehatan di pelabuhan penyeberangan ke Kepulauan Seribu.

Staf PMI Kabupaten Kepulauan Seribu, Asep Sulfikarom, Rabu (7/8), mengatakan Dinkes DKK menurunkan tiga tenaga dan satu pengemudi ambulans. Mereka memantau pelabuhan Marina, Pelabuhan Dishub Muara Angke (Kali Adem) dan pelabuhan kapal tradisional Muara Angke sejak H-3 hingga H+4 lebaran.

''Selain ambulans darat, kami juga menyiapkan ambulana kapal laut di Pelabuhan Marina dan Pulau Pramuka,'' kata Asep. Tim ini juga dibekali dengan obat-obat pertolongan pertama.

Asep mengungkapkan tim kesehatan akan beroperasi sesuai jam keberangkatan dan datang kapal. Selain itu, sebagai bentuk pelayanan dan antisipasi kesehatan, ada juga tim kesehatan yang disiagakan di pulau-pulau berpenduduk.

Tim kesehatan di pulau berpenduduk terdiri dari tiga hingga empat tenaga orang. Mereka merupakan gabungan perawat dan anggota PMR dari berbagai sekolah di Jakarta. Sejak H-4 lebaran, obat-obatan telah dipasok ke pulau-pulau sudah dipasok masing-masing tim.