Polisi Sediakan Bus Gratis di Pelabuhan Bakauheni

Red: Taufik Rachman

Rabu 07 Aug 2013 05:16 WIB

Antre di Bakauheni Antre di Bakauheni

REPUBLIKA.CO.ID,BAKAUHENI--Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan di Provinsi Lampung memfasilitasi angkutan bus gratis untuk pemudik yang bermalam di Bakauheni, agar tetap meneruskan perjalanan ke Terminal Rajabasa.

"Bus gratis ini disediakan untuk mengangkut pemudik yang masih tersisa dan bermalam di Pelabuhan Bakauheni," kata Wakil Kepala Kepolisian Resort (Wakapolres) Lampung Selatan, Kompol Yonirizal Khofa didampingi Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni, AKP Harto Agung Cahyono, di Bakauheni, Selasa malam.

Menurut Yonirizal, kebijakan itu dilaksanakan untuk meminimalkan adanya kesan seram dan menakutkan bagi pemudik saat berada di Terminal Induk Rajabasa di Kota Bandarlampung, sehingga mereka tidak lagi harus bermalam di Pelabuhan Bakauheni.

"Selama ini banyak pemudik yang masih ketakutan atas kondisi keamanan di Terminal Rajabasa, sehingga dengan bantuan armada polisi ini diharapkan dapat mengurangi penilaian buruk tersebut," kata dia.

Ia menjelaskan, bus tersebut disediakan selama dua hari sebagai salah satu upaya memberikan pelayanan prima kepada para pemudik pada Lebaran tahun 2013 ini. ''Arahan dari Markas Besar (Mabes) Polri memang kami diharapkan dapat memberikan pelayan ekstra, yaitu lebih manusiawi, sehingga pada mudik Lebaran dapat membantu pemudik yang membutuhkan," kata Yonirizal lagi.

Wakapolres Lampung Selatan itu mengatakan bahwa kebijakan itu akan terus menjadi agenda rutin aparat kepolisian di Lampung untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Yuli, salah seorang pemudik di Bakauheni, mengaku senang dengan adanya bantuan bus gratis itu, sehingga dia bisa cepat sampai di rumah karena tidak lagi harus bermalam di Pelabuhan Bakauheni.

"Saya sengaja bermalam di Bakauheni menunggu pagi, tetapi kebetulan sudah ada bus gratis, ya sudah ikut saja, apalagi ini disediakan oleh polisi," ujar pemudik asal Kabupaten Pringsewu, Lampung itu pula.

Terpopuler