H-3, 68.397 Pemudik Tinggalkan Jakarta via Gambir

Rep: Alicia Saqina/ Red: Djibril Muhammad

Selasa 06 Aug 2013 21:59 WIB

  Calon penumpang menunggu keberangkatan kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (31/7).  (Republika/ Yasin Habibi) Calon penumpang menunggu keberangkatan kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (31/7). (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 68.397 pemudik asal ibu kota dan sekitarnya telah meninggalkan Jakarta, via Stasiun Besar Gambir, Jakarta Pusat.

Total hampir 70 ribu penumpang kereta api tersebut, merupakan jumlah kumulatif pemudik yang sudah berangkat meninggalkan Jakarta dari Stasiun Gambir, sejak Rabu (31/7) lalu.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Posko Humas Lebaran Stasiun Besar Gambir mencatat, sebanyak 68.397 penumpang itu merupakan jumlah yang didapat sejak H-8 sampai H-3, Senin (5/8).

Disebutkan, per hari, umumnya jumlah penumpang yang meninggalkan Jakarta via stasiun ini yaitu, berkisar 13 ribuan. Situasi dan suasana keramaian pemudik di stasiun ini tidaklah seramai stasiun pemberangkatan lainnya di wilayah Daerah Operasional (Daop) I, seperti Stasiun Pasar Senen.

"Kalau di Gambir, ramai-ramainya (keberangkatan pemudik) itu pagi," kata Petugas PT KAI yang berjaga di Posko Humas Lebaran yang tidak ingin disebutkan namanya, saat ditemui di Posko Humas Gambir, Selasa (6/8).

Hal itu disebabkan, jadwal perjalanan keberangkatan KA yang tersedia pada siang hari sedikit. Di Stasiun Gambir, pada musim mudik Lebaran di siang hari, hanya ada tiga keberangkatan KA, yaitu satu KA Argo Parahyangan, dan dua rangkaian Cirebon Ekspres.

Sedangkan, pada pagi hari, setidaknya ada 10 jadwal pemberangkatan KA dari Stasiun yang berlokasi bertetanggan dengan Monas ini.

Ia menjelaskan, hampir 70 ribu pemudik yang melakukan perjalanan pulang kampung dari sejak enam hari yang lalu itu, setiap harinya pula ada rangkaian KA tambahan Lebaran yang berangkat dari Stasiun Gambir.

Pada musim mudik Lebaran ini, setiap harinya ada sekitar 34 rangkaian KA yang berangkat dari Stasiun Gambir. Dengan perincian, delapan di antaranya merupakan KA tambahan dan 26 rangkaian sisanya merupakan KA reguler.

Berdasarkan data yang tercatat sejak H-8 keberangkatan penumpang di Stasiun Gambir, H-3 merupakan hari keberangkatan yang volume penumpangnya terbanyak 13.040.

Sedangkan beberapa hari sebelumnya, jumlah penumpang berkisar 12.500-an. Bahkan, di H-8 atau Rabu (31/7), jumlah pemudik yang berangkat yaitu 7.333 orang.

Berdasarkan pantauan Republika, Selasa (6/8), memang suasana di Stasiun Besar Gambir tidak begitu ramai. Sejumlah loket yang tersedia di loket utarapun, masih beraktivitas. Terlihat puluhan calon pemudik masih ada yang mengantre membeli tiket. Namun, jumlah antreannya tak terlalu padat.

Tak hanya aktivitas pemudik yang cenderung normal dari dalam stasiun, suasana di tempat parkir di stasiun pun tak dipenuhi kendaraan pribadi seperti jelang Lebaran pada 2012 kemarin. Masih ada banyak ruang lengang yang bisa digunakan untuk parkir puluhan kendaraan.

Sementara itu, berdasarkan data terakhir yang dihimpun mencatatkan, Selasa (6/8) siang per pukul 10.50 WIB, total keberangkatan pemudik dari Stasiun Gambir ialah hampir 6.000 orang. Data tersebut dengan perincian, rangkaian KA terakhir Argo Parahyangan berangkat pukul 10.50 WIB.

Terpopuler