Jamaah Annadzir Rayakan Idul Fitri Rabu Besok

Red: Didi Purwadi

Selasa 06 Aug 2013 17:05 WIB

Lebaran (ilustrasi) Foto: Antara/Nizar Arsyadani Lebaran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Jamaah Annadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, mengakhiri puasa pada Selasa pukul 14.00 WTA. Demikian kata ustaz Luqman yang memimpin jamaah Annadzir berbuka puasa bersama di tepi Danau Mawang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

"Kami memang lebih awal berpuasa yakni Senin (8/7) dan akhirnya menetapkan bahwa siang ini sudah berakhir puasa," kata ustadz Luqman di Kabupaten Gowa, Sulsel, Selasa.

Dia mengatakan alasan mengakhiri puasa itu setelah melihat tanda-tanda fenomena alam seperti terlihatnya pergeseran air hingga surut di daerah Kolaka.

Dia mengatakan jamaah Annadzir di Kolaka, Sultra, turut membantu memantau fenomena alam itu. Sehingga, ketika terlihat air laut surut dan fenomena alam lainnya, mereka akhirnya menyimpulkan bahwa Ramadhan sudah berakhir.

"Jadi, saat matahari sudah mulai tergelincir kami pun telah mengakhiri puasa dan akan menyambut Idul Fitri," kata ustadz Luqman.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, jamaah Annadzir telah memasuki 1 Syawal dan akan melakukan sholat Idul fitri bersama di tengah perkebunan kelapa sawit pada Rabu (7/8).

Dia mengimbau agar seluruh pengikut Annadzir untuk berlebaran pada Rabu (7/8) karena diyakini sudah masuk 1 Syawal 1434 Hijriah.

Meski terdapat perbedaan awal Ramadhan dan penetapan 1 Syawal, lanjut dia, pihaknya tetap menyerukan pada pengikutnya untuk saling menghargai keyakinan masing-masing.

Terpopuler