Mudik 2013, KAI Sediakan Layanan Angkutan Motor Gratis

Rep: Alicia Saqina/ Red: Dewi Mardiani

Selasa 06 Aug 2013 15:30 WIB

PT KAI PT KAI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero menyelenggarakan layanan angkutan motor gratis tanpa dipungut biaya, pada musim mudik Lebaran 2013 ini. Bagi siapa saja yang ingin mudik, tetap bisa berkendara sepeda motor di kampung halaman, bisa segera mendaftarkan kendaraannya ke Stasiun Jakarta Gudang, Jakarta Pusat.

Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan, mengatakan periode layanan angkutan motor gratis musim mudik Lebaran 2013 ini, sudah dimulai sejak Sabtu (3/8) kemarin. ''Periode layanan angkutan motor gratis ini berlangsung sampai 18 Agustus mendatang,'' kata Jonan, Selasa (6/8), saat ditemui di Stasiun Besar Gambir, Jakarta Pusat.

Ia menjelaskan, meski dijadwalkan hanya sampai pada musim arus balik Lebaran, namun periode layanan angkutan sepeda motor ini bisa diperpanjang hingga 20-25 Agustus 2013. Soalnya, kata dia, hingga saat ini ternyata animo masyarakat dalam menggunakan jasa angkut tersebut, masih minim.

Jonan mengungkapkan, dari empat hari operasi layanan angkutan ini dibuka, tercatat baru sejumlah 172 motor yang dititipkan masyarakat. ''Untuk tujuan di lintas utara baru 55 unit dan untuk tujuan di lintas selatan baru 117 unit. Seharusnya ini, sudah bisa sekitar 3.200 motor,'' ucapnya.

Terlepas dari hal tersebut, Jonan menerangkan, pelayanan angkutan motor gratis Lebaran 2013 ini, berlaku pula pada saat arus balik. Ia mengatakan, masyarakat bisa kapan saja, selama 24 jam, mendaftarkan sepeda motor mereka ke Stasiun Jakarta Gudang. Namun, waktu pemberangkatan kereta barang yang mengangkut ratusan motor itu, hanya ada dua jadwal.

Waktu pemberangkatannya di Stasiun Jakarta Gudang setiap harinya, yaitu pukul 17.45 WIB dan 20.00 WIB. ''Untuk arus mudik, pelayanan angkutan motor hanya dilakukan di loket di Stasiun Jakarta Gudang. Sedangkan, arus balik pelayanan angkutan dilakukan di enam stasiun,'' katanya. Enam stasiun tersebut ialah, Stasiun Cirebon Kejaksan, Tegal, Semarang Poncol, Kutoarjo, Yogya Lempuyangan, dan Solo Jebres.

Adapun dua rute lintas layanan pengangkutan motor gratis ini, yaitu utara dan selatan. Jonan mengatakan, rute rangkaian KA barang pengangkut motor dengan tujuan lintas utara ini ialah, Jakarta-Cirebon-Tegal-Semarang. Sedangkan, rute untuk lintas selatannya yaitu, Jakarta-Kutuarjo-Yogyakarta-Solo.

Terpopuler