Lebaran, Penarikan Uang di Bank Capai Rp 103,1 Triliun

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih

Selasa 06 Aug 2013 18:26 WIB

  Petugas menyiapkan pasokan uang tunai untuk kebutuhan anjungan tunai mandiri di salah satu kantor bank di Jakarta, Jum'at (21/12).  (Republika/Aditya Pradana Putra) Petugas menyiapkan pasokan uang tunai untuk kebutuhan anjungan tunai mandiri di salah satu kantor bank di Jakarta, Jum'at (21/12). (Republika/Aditya Pradana Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perayaan Idul Fitri di Indonesia ternyata mencapai ratusan triliun. Menurut catatan Departemen Pengelolaan Uang (DPU) Bank Indonesia (BI), realisasi penarikan uang untuk kebutuhan lebaran mencapai Rp 103,1 triliun. 

Jumlah uang itu ditarik sampai dengan 6 Agustus 2013. Penarikan dana pada Selasa (6/8), hari terakhir penutupan buku Lebaran, mencapai Rp 416 miliar, sementara penyetoran mencapai Rp 1,2 triliun. Menurut Direktur Eksekutif DPU, realisasi penarikan dana untuk kebutuhan Lebaran sesuai dengan perkiraan DPU. 

Keterangan BI pada Selasa menyebutkan penarikan dana di Jabodetabek lebih besar dari perkiraan. Total realisasi penarikan dana mencapai Rp 31,8 triliun dari perkiraan Rp 31,1 triliun. Sementara untuk wilayah di luar Jabodetabek mencapai Rp 71,3 triliun. 

Terpopuler