Rabu Sore Kemenag DIY Pantau Hilal di Dua Tempat

Rep: Yulianingsih/ Red: Mansyur Faqih

Selasa 06 Aug 2013 13:25 WIB

Rukyatul hilal Foto: Antara/Saiful Bahri Rukyatul hilal

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah belum menentukan kapan 1 Syawal akan tiba. Namun Kantor wilayah Kemenag DIY akan melakukan rukhyatul hilal di dua tempat berbeda pada Rabu (7/8) sore. Kedua tempat tersebut adalah di Bukit Pathuk Gunungkidul dan Bukit Parangtritis Bantul.

"Hasilnya akan kita laporkan ke Kementrian Agama untuk dijadikan bahan pertimbangan pada sidang Isbat Rabu malam," ujar Kepala Kanwil Kementrian Agama DIY, Maskul Haji, Selasa (6/8).

Ia memperkirakan Lebaran tahun ini akan berlangsung bersamaan. Meski pun pemerintah belum mengumumkan jatuhnya 1 Syawal. Alasannya, pada Rabu sore hilal diyakini sudah mencapai tiga derajat. Dengan begitu, Kamis (8/8), hilal sudah di bawah dua derajat sehingga sudah masuk bulan baru. "Jadi kemungkinan lebaran tahun ini bersamaan," tambahnya.

Untuk persiapan shalat Idul Fitri di DIY sendiri, ia akan mengumpulkan para ulama dan umaro secepatnya. Kanwil Kemenag DIY menghimbau seluruh masyarakat untuk merayakan Idul Fitri secara sederhana. Maskul juga menghimbau warga untuk tidak melakukan takbir keliling dengan kendaraan roda empat. Karena dikhawatirkan akan mengganggu arus lalu lintas di DIY yang sedang padat.

Terpopuler