Ini Ciri-Ciri Daging Sapi dan Ayam Tak Layak Konsumsi

Red: Heri Ruslan

Selasa 06 Aug 2013 05:57 WIB

Ayam tiren (ilustrasi) Foto: dok Ayam tiren (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Kebutuhan masyarakat akan daging sapi dan daging ayam untuk lebaran semakin meningkat. Namun, masyarakat diminta mewaspadai beredarnya daging sapi dan daging ayam yang tak layak konsumsi.

Agar Anda tak tertipu saat membeli daging ayam dan daging sapi, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bengkulu Arif Gunadi berbagi tips untuk membedakan kulitas daging yang beredar di pasaran.

Berikut ini ciri-ciri daging sapi maupun daging ayam yang tidak layak untuk dikonsumsi sehingga masyarakat dapat menjadikan bahan acuan pada saat mereka membeli daging.

1. Daging Sapi

Jika daging sapi ditekan dan terlihat banyak mengandung air, maka daging ini berbahaya untuk dikonsumsi, karena kita tidak tahu cairan apa yang dimasukkan ke tubuh sapi, atau bisa saja karena disuntik pengawet.

2. Daging Ayam.

Saat memilih daging ayam Anda harus melihat bekas sayatan di leher ayam tersebut. Jika bekas potongan bentuknya melebar, berarti ayam tersebut ayam segar. Namun jika sayatannya satu garis dan tidak melebar, ini diindikasikan sebelum dipotong ayam tersebut telah mati.

Terpopuler