Waspadai Jalur Rawan Kecelakaan

Rep: Irfan Abdurrahmat/ Red: Djibril Muhammad

Senin 05 Aug 2013 23:18 WIB

Sejumlah pemudik memadati jalan raya sebelum pintu tol Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (15/8). Pemudik mulai ramai dan memadati jalan pada H-4 lebaran. Foto: Antara Foto Sejumlah pemudik memadati jalan raya sebelum pintu tol Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (15/8). Pemudik mulai ramai dan memadati jalan pada H-4 lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, RENGASBANDUNG -- Pemudik yang berasal dari Jakarta diimbau berhati-hati ketika melewati ruas Jalan Kalimalang dan Rengasbandung.

"Sebab, di kedua daerah tersebut merupakan daerah rawan kecelakaan lalulintas," ungkap Kasatlantas Polresta Bekasi Kabupaten, Komisaris Ojo Rislani kepada Republika, Senin (05/8).

Dia menambahkan, sangat tinggi angka kecelakaan di kedua ruas jalan tersebut. Sebab, untuk Jalan Kalimalang faktor penyebabnya yakni kondisi fisik ketinggian jalan yang berbeda, antara ruas jalan yang satu dengan lainnya.

Sehingga, apabila pengendara yang kurang memahami kondisi fisik di jalan tersebut, dikhawatirkan menimbulkan kecelakaan. Selain itu, lanjut Ojo, di jalan tersebut juga sangat minim penerangan jalan umum (PJU), sehingga menuntut pemudik untuk lebih berhati-hati.

Dia menjelaskan, sama halnya Jalan Rengasbandung yang penerangannya masih kurang memadai. Menyikapi tingginya jumlah kecelakaan lalu lintas saat musim mudik lebaran ini, Ojo menambahkan, pihaknya sudah melakukan berbagai langkah antisipatif.

Pemasangan spanduk dan penyiagaan petugas kepolisian di titik rawan kecelakaan, sejauh ini sudah dilakukan jajaran Polresta Bekasi Kabupaten jauh-jauh hari sebelum terjadinya arus mudik lebaran. Ojo menambahkan, dengan adanya pemasangan atribut itu, akan menjadi peringatan bagi setiap pemudik.

Terpopuler