Jalur Pantura Subang Masih Padat

Red: Taufik Rachman

Senin 05 Aug 2013 22:37 WIB

 Kendaraan memadati ruas jalur utama pantura Subang-Karawang, Jawa Barat, Ahad (4/8).  (Republika/Yasin Habibi) Kendaraan memadati ruas jalur utama pantura Subang-Karawang, Jawa Barat, Ahad (4/8). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID,SUBANG--Arus lalu lintas di jalur Pantura wilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat, padat merayap pada H-3 Lebaran 2013 atau Senin malam.

Kondisi itu terjadi akibat banyaknya kendaraan pemudik yang keluar-masuk stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) serta tempat-tempat peristirahatan di sepanjang jalur tersebut.

Titik kepadatan itu di antaranya di sekitar Pasar Sukamandi, Pasar Ciasem, dan Sukasari.

Selain karena aktivitas di SPBU dan tempat-tempat peristirahatan, kepadatan arus lalu lintas di jalur Pantura itu juga terjadi akibat aktivitas masyarakat di sekitar Pasar Sukamandi dan Pasar Ciasem.

Untuk pengaturan arus lalu lintas, petugas yang berjaga di Pasar Sukamandi dan Ciasem membantu masyarakat yang menyeberangi jalur Pantura. Sedangkan untuk menangani kepadatan arus akibat aktivitas di sejumlah SPBU, aparat kepolisian mengatur arus lalu lintas serta melakukan buka-tutup SPBU di sepanjang jalur Pantura.

Buka-tutup ke SPBU tersebut diakui sejumlah petugas untuk mengantisipasi antrean panjang kendaraan sampai ke jalan raya. Sebab jika antrean sampai ke jalan raya, dikhawatirkan akan mengakibatkan arus lalu lintas tersendat.

Sementara di jalur Pantura wilayah Kabupaten Karawang, kepadatan kendaraan justru terjadi dari arah Cirebon menuju gerbang Tol Cikampek sampai ke pertigaan Mutiara. Sedangkan jalur dari arah gerbang Tol Cikampek menuju jalur Pantura padat lancar.

Terpopuler