80 Ribu Tiket KA Masih Tersisa untuk Pemudik

Rep: Alicia Saqina/ Red: Fernan Rahadi

Senin 05 Aug 2013 17:07 WIB

Calon penumpang Kereta Api Mataremaja jurusan Malang, di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (29/7).   (Republika/Adhi Wicaksono) Calon penumpang Kereta Api Mataremaja jurusan Malang, di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (29/7). (Republika/Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Daerah Operasional I (Daop) I Sukendar Mulya mengatakan, untuk mengakomodasi kebutuhan pemudik di musim Lebaran tahun ini, pihaknya menyediakan sebanyak 520 ribu tiket KA.

Sebanyak 520 ribu lebih kursi KA yang disiapkan untuk pemudik yang berangkat dari empat stasiun keberangkatan di wilayah Daop I tersebut, disediakan dari H-7 hingga H+7 Idul Fitri.

''Sampai hari ini, tiket KA yang tersisa ialah sekitar 80 ribu, dari sebanyak 520 ribu kursi yang disediakan,'' kata Sukendar, Senin (5/8), saat ditemui Republika di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Akan tetapi, jelas dia, sisa sebanyak 80 tiket KA tersebut, persediaannya hanya ada pada tanggal-tanggal tertentu.  ''Hanya untuk keberangkatan tanggal-tanggal tertentu saja. Seperti untuk tanggal 10 ke atas, tanggal 11, 12, 13 Agustus,'' katanya. Sedangkan, tiket KA untuk keberangkatan di tanggal hingga H-1 Idul Fitri, sudah habis tak bersisa.

Sukendar mengungkapkan, 80 ribu kursi yang tersisa dari total awal sebanyak 520 ribu tiket itu, ialah terdiri dari 67 rangkaian KA yang diturunkan se-Daop I. Rinciannya, yaitu 48 KA reguler dan 19 KA tambahan Lebaran.

Di musim mudik Lebaran 2013 ini, Daop I menyediakan empat stasiun keberangkatan bagi pemudik. Empat stasiun tersebut ialah, Stasiun Pasar Senen, Gambir, Jakarta Kota, dan Stasiun Tanjung Priok.

Terpopuler