Di Bali, Angka Laka Lantas Turun Jelang Lebaran

Rep: Ahmad Baraas/ Red: A.Syalaby Ichsan

Senin 05 Aug 2013 13:03 WIB

Suasana di pelabuhan penyeberangan Gilimanuk, Bali. Foto: Antara/Nyoman Budhiana Suasana di pelabuhan penyeberangan Gilimanuk, Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR - Musibah atau kecelakaan lalu lintas saat lebaran di wilayah Bali menurun bila dibandingkan lebaran tahun lalu. Berdasarkan data kata Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Hariadi, hingga Senin (5/8) ini hanya ada 5-6 kejadian saja.

"Kita berharap sampai berakhirnya pelaksanaan Operasi Ketupat Agung, tidak ada kecelakaan lagi," kata Hariadi pada Republika, Senin (5/8).

Menurutnya, dibandingkan dengan peristiwa serupa tahun lalu, kecelakaan lalu lintas saat mudik lebaran terbilang kecil. Dia menilai kesadaran masyarakat dalam berkendaraan yang aman sudah mulai meningkat dan hal itu memang harus terus ditingkatkan.

"Kunci keselamatannya itu kalau lelah dan mengantuk agar beristirahat, serta tidak membawa penumpang atau muatan yang berlebihan di sepeda motor," katanya.

Tentang pelaksanaan Operasi Ketupat Agung, Hariadi mengatakan, sudah berjalan baik dan jumlah pasukan pun masih cukup.

Sebanyak dua pertiga pasukan, katanya, disiagakan untuk membantu operasi, sedangkan sisainya dipergunakan untuk memberikan pelayanan polisi kepada masyarakat. Dalam peninjauan yang dilakukan oleh Kaplda sebut Hariadi, kegiatan mudik berjalan lancar dan aman.

Terpopuler