Meski Gratis, KA Angkutan Barang Tetap Sepi Peminat

Rep: Yulianingsih / Red: M Irwan Ariefyanto

Senin 05 Aug 2013 04:30 WIB

KA angkutan barang Foto: antara KA angkutan barang

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Kereta Api (KA) angkutan barang yang disediakan PT KAI untuk mengangkut sepeda motor pemudik secara gratis ternyata sepi peminat. KA barang yang mengangkut sepeda motor pemudik tersebut tiba di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta, Ahad (4/8) pagi. Dari dua gerbong yang disediakan PT KAI untuk mengangkut sepeda motor pemudik hanya terisi 23 sepeda motor saja. Padahal kapasitas setiap gerbong KA barang ini mencapai 50 sepeda motor.  "Sepeda motor yang turun di Solo hanya 27 unit. Jadi total sepeda motor yang diangkut dari Jakarta ke Yogya-Solo hanya 40 unit," ujar Wakil Kepala Stasiun Lempuyangan Yogyakarta, Anan Handriyanto.

Menurutnya, pada mudik lebaran tahun ini PT KAI menyiapkan delapan gerbong KA barang. Dua gerbong untuk mengangkut sepeda motor ke Yogya, tiga gerbong ke Solo dan sisanya ke Kutoarjo. Namun dari sekian gerbong tersebut hanya mengangkut 40 unit motor pemudik saja.

Menurut Anan, pihaknya akan meningkatkan sosialisasi penggunaan KA barang secara gratis ini. Hal tersebut dilakukan agar KA barang ini bisa maksimal saat arus balik mendatang. Pasalnya KA barang gratis bagi sepeda motor pemudik ini akan dioperasikan dari tanggal 3-6 Agustus pada saat mudik lebaran dan tanggal 11-14 Agustus untuk arus balik lebaran.

Pendaftaran untuk angkutan arus balik tersebut kata dia, dilakukan mulai 3 hari sebelum tanggal keberangkatan. "Penyerahan motor 1 hari sebelum tanggal keberangkatan dengan syarat menunjukkan tiket KA/bus sesuai tujuan selama masa angkutan lebaran, menyerahkan STNK asli, dan foto kopi identitas," jelasnya.

Terpopuler