Bus tak Berstiker Laik Jalan Masih Beroperasi di Terminal Rajabasa

Red: Hazliansyah

Senin 05 Aug 2013 05:31 WIB

Terminal Rajabasa Foto: matanews Terminal Rajabasa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Sejumlah bus tidak berstiker laik jalan masih beroperasi di Terminal Induk Rajabasa, Provinsi Lampung.

Berdasarkan pantauan di Terminal Rajabasa, Ahad, masih terdapat bus tanpa stiker yang beroperasi di wilayah terminal induk tersebut.

Padahal, Dinas Perhubungan sudah melakukan pengecekan dan yang dinyatakan sah untuk angkutan mudik Lebaran 2013 adalah bus yang memiliki stiker dari Dishub setempat.

"Masih ada bus tanpa stiker angkutan mudik, apa sebelumnya tidak ada pemeriksaan" ujar Hamdani (38), salah seorang pemudik pengguna bus tanpa stiker angkutan mudik Lebaran 2013.

Ia menyebutkan, dirinya terpaksa menaiki bus tersebut karena khawatir tidak mendapatkan kendaraan untuk pulang menuju kampung halaman. "Saya terpaksa naik, takut tidak kebagian bus, soalnya setiap Lebaran pasti ramai dan nggak hanya saya yang ingin mudik," katanya.

Sementara itu, Dinas Perhubungan Provinsi Lampung memasang stiker di bus yang telah lulus uji kelaikan jalan berkenaan dengan Lebaran 1434 Hijriyah.

"Tim dari Dishub Lampung akan memeriksa kelayakan bus meliputi pemeriksaan rem, ban, serta memeriksa surat-surat kendaraan, dan jika dinyatakan laik dipasangi stiker Angkutan Lebaran 2013," kata Kepala Dishub Provinsi Lampung Albar Hasan Tanjung didampingi Kepala Bidang Perhubungan Darat Adi Sriyono.

Pihaknya akan menjatuhkan sanksi tegas terhadap angkutan mudik lebaran 2013 yang tidak berstiker. Upaya ini dilakukan untuk menciptakan rasa aman, kenyamanan serta keselamatan penumpang sampai tujuan.

Terpopuler