Bus Jakarta Serbu Terminal Bungurasih

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Djibril Muhammad

Ahad 04 Aug 2013 12:18 WIB

Terminal Bungurasih Foto: rri.co.id Terminal Bungurasih

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Armada pelayanan bus gratis yang berangkat dari Jakarta menuju Jawa Timur mulai berdatangan memadati Terminal Purabaya Bungurasih, Sidoarjo, Ahad (5/8). Akibatnya ledakan penumpang hingga pukul 10.00 WIB sebanyak 32 ribu orang.

Kepala Terminal Purbaya, May Ronald mengatakan, sejak H-7 kemarin terhitung sekitar 15 bus yang datang ke terminal. Menurut dia, puncak dari kedatangan armada tersebut diperkirakan berlangsung siang ini.

"Bus yang dari Jakarta datang, lalu menurunkan penumpang di sini, setelah itu, mereka naik bus tujuan daerah masing-masing," kata May kepada Republika di kantor pelayanan penumpang.

Dia mengatakan, kenaikan jumlah penumpang untuk keberangkatan dari terminal tersebut bisa mencapai 95 ribu. Sebab, pukul 08.00 WIB pagi tadi sudah melonjak hingga 22 ribu. Dan per dua jam, bisa naik 10 ribu penumpang.

Sedangkan, tujuan keberangkatan paling diminati penumpang untuk AKDP yakni Surabaya - Malang, Surabaya - Probolinggo - Banyuwangi. Kemudian, tujuan AKAP, kata Ronald, adalah tujuan Surabaya - Semarang dan Surabaya - Yogyakarta.

"Kami sudah akan mengoperasikan dua armada cadangan tujuan Yogkarta dan Semarang," ujarnya.

Pengemudi bus ekonomi tujuan Surabaya - Semarang Suwitno mengatakan, hari ini belum merupakan puncak arus mudik. Sebab, jumlah penumpang masih terpantau relatif normal.

Sudah sekitar 30 menit dia menunggu, namun kapasitas tempat duduknya belum juga penuh. "Kalau puncak mudik, hanya menunggu 10 menit, langsung berangkat," kata Suwitno.

Terpopuler