Ribuan Pemudik Padati Pelabuhan Samarinda

Red: Fernan Rahadi

Ahad 04 Aug 2013 07:05 WIB

Sejumlah kendaraan antre memasuki kapal feri di Dermaga II Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan Foto: Antara Sejumlah kendaraan antre memasuki kapal feri di Dermaga II Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Ribuan pemudik Lebaran 2013 sejak Sabtu (3/8) sore hingga Ahad (4/8) dini hari mulai memadati Pelabuhan Samarinda, Kalimantan Timur.

Pantauan hingga Ahad dini hari pukul 01.30 Wita terlihat pemudik yang umumnya berasal dari pelosok Kaltim itu langsung naik ke atas KM Prince Soya untuk mencari tempat tidur dan menaruh barang bawaannya.

Bahkan, ratusan pemudik yang akan menuju ke kampung halamannya terlihat terpaksa menempati lorong-lorong dan dek barang karena tidak dapat tempat tidur. "Kami terpaksa tidur di ruang terbuka karena tidak dapat tempat lagi di dalam kapal," ungkap seorang pemudik yang mengaku bekerja di sebuah perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Kutai Timur, Bakri, saat ditemui diatas kapal KM Price Soya, Ahad dini hari.

Bakri yang mengaku juga membawa istri dan dua anaknya, salah satunya masih bayi terpaksa tidur di geladak bagian depan kapal karena tidak mendapat tempat di ruang kelas ekonomi agar bisa pulang berlebaran di kampung halamannya di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

"Hampir semua lorong kapal, maupun dek tempat barang penuh dengan penumpang dan barang sehingga kami terpaksa tidur diluar. Jika dalam perjalanan hujan, kami pasrah sebab mau bagaimana lagi, yang penting kami bisa berkumpul bersama keluarga di kampung halaman," ujarnya.

KM Price Soya dijadwalkan akan meninggalkan Pelabuhan Samarinda, menuju Parepare, Sulawesi Selatan pada Ahad pagi sekitar pukul 11.00 Wita.

Terpopuler