Polisi Pamekasan Amankan Jalur Mudik dari Pemain 'Dem-Jedem'

Red: Didi Purwadi

Ahad 04 Aug 2013 07:00 WIB

 Para pedagang menjajakan beragam jenis dan ukuran petasan serta kembang api. Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang Para pedagang menjajakan beragam jenis dan ukuran petasan serta kembang api.

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN -- Petugas Polres Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (38) malam mengamankan sejumlah warga yang bermain petasan kaleng alias 'dem-jedem' di jalur mudik di wilayah itu.

"Berdasarkan informasi petugas di lapangan, ada empat orang warga yang diamankan petugas. Mereka itu telah diamankan di pos pantau mudik Lebaran di areal Monumen Arek Lancor," kata Kapolres Pamekasan, AKBP Nanang Chadarusman, Ahad (4/8).

Warga tersebut diamankan petugas pospam Lebaran karena bermain petasan di tempat keramaian di Monumen Arek Lancor serta di sepanjang jalur mudik dari Jalan Raya Penglegur menuju jalan Trunojoyo.

Kegiatan mereka sangat mengganggu pemudik dan para pengguna kendaraan bermotor yang melintas di jalur itu. Bahkan, beberapa pengendara sepeda motor nyaris terjatuh karena terkejut dengan suara ledakan petasan kaleng mainan warga itu.

"Atas dasar itulah, maka kami mengamankan mereka," kata Kapolres.

Aparat kepolisian, kata Nanang, telah melakukan berbagai upaya antisipatif bahkan telah menyampai penyuluhan kepada masyarakat agar tidak bermaian petasan kaleng itu di tempat keramaian dan saat umat Islam sedang menjalankan ibadah shalat tarawih dan tadarus Alquran.

Akan tetapi, warga tidak mengindahkan imbauan itu dan mereka masih bermaian di tempat keramaian. Selain itu, warga juga bermaian petasan kaleng tersebut hingga tengah malam.

Petasan kaleng merupakan salah satu petasan yang terbuat dari kaleng bekas. Petasan ini mulai marak di Pamekasan akhir-akhir ini dan tidak berbahaya sebagaimana petasan yang banyak dijual di pasaran.

Masyarakat Pamekasan sendiri sering menyebut petasan ini dengan "dem-jedem" atau "mercon spiritus" karena bahan peledaknya menggunakan spiritus.

Meski tidak berbahaya, namun petasan kaleng ini menimbulkan suara ledakan yang lebih nyaring dari petasan di pasaran. Semakin besar dan panjang kaleng bekas yang digunakan, maka semakin nyaring suara ledakan yang ditimbulkan.

Terpopuler