Pagi Ini, Puluhan Ribu Pemudik Lintasi Bekasi

Rep: Irfat Abdurrahman / Red: M Irwan Ariefyanto

Ahad 04 Aug 2013 03:24 WIB

Petugas dari Satlantas Jakarta Timur, memasang rambu bantuan penunjuk arah jalan di kawasan Cawang, Jakarta, Rabu (31/7) malam. Rambu bantuan penunjuk arah ini ditujukan bagi para pemudik motor yang akan menuju Cikampek melewati ruas jalan Kalimalang, Beka Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto Petugas dari Satlantas Jakarta Timur, memasang rambu bantuan penunjuk arah jalan di kawasan Cawang, Jakarta, Rabu (31/7) malam. Rambu bantuan penunjuk arah ini ditujukan bagi para pemudik motor yang akan menuju Cikampek melewati ruas jalan Kalimalang, Beka

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI -- Petugas posko pelayanan mudik utama di Kota Bekasi, Jawa Barat, mencatat arus kendaraan di sejumlah ruas jalan setempat meningkat hingga Sabtu dini hari. "Jenis kendaraan yang melintas didominasi kendaraan roda dua," ujar Wakil Kepala Satuan (Wakasat) Lalu Lintas (Lantas) Polresta Bekasi Kota, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Mustamal saat ditemui Republika, Ahad dini hari (4/8) di Pos Pelayanan (Posyan) Bekasi Cyber Park (BCP).

Menurut dia, lonjakan pemudik pengendara sepeda motor itu mulai terpantau sejak Kamis (1/8) malam, mulai pukul 20.00 WIB hingga Sabtu dini hari pukul 00.00 WIB. Menurut data di Pos Pengamanan utama, jumlah kendaraan roda dua yang melintas hingga saat ini sebanyak 69.370 unit. Sementara untuk kendaraan roda empat sejumlah 8.698 unit dan lima unit pemudik yang menggunakan bajaj.

Pasalnya, pemudik lebih memilih pulang ke kampungnya sore menjelang malam hari. Hal ini terkait cuaca panas yang menghantui pemudik.  "Kemungkinan karena kondisi cuaca, soalnya siang hari mereka puasa," ujarnya. Pihaknya mengimbau kepada pengendara sepeda motor untuk tidak mengangkut muatan berlebih. Muatan berlebih bisa memicu kecelakaan lalu lintas.

Terpopuler