1.200 Personel Amankan Pelabuhan Merak

Red: Hazliansyah

Ahad 04 Aug 2013 01:29 WIB

 Pemudik dengan kendaraan pribadi mengantre di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (3/8).  (Republika/Rakhmawaty La'lang) Pemudik dengan kendaraan pribadi mengantre di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (3/8). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Kapolda Banten Brigjen Pol Eddi Sumantri mengungkapkan, sebanyak 1.200 polisi disiagakan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Pelabuhan Merak, Banten selama masa Lebaran 2013.

"Kita bekerja keras untuk mengamankan arus mudik Lebaran di Pelabuhan Merak," katanya di Merak, Sabtu.

Menurut dia, penyeberangan Merak menuju Bakauheni, Lampung sejauh ini berjalan lancar, meski terjadi lonjakan penumpang dan kendaraan.

Ia memperkirakan, puncak arus mudik terjadi pada H-5 atau H-4. Aparat kepolisian, lanjutnya, akan mengantisipasi pergerakan penumpang pejalan kaki dan antrean kendaraan yang cukup tinggi saat puncak mudik tersebut.

Di sisi lain, pihaknya juga mengantisipasi kejahatan dengan menyebar petugas di daerah-daerah rawan kriminalitas. "Kami siaga 24 jam untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang hendak mudik ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung," katanya.

Ia mengimbau masyarakat yang hendak mudik ke Pulau Sumatera sebaiknya berangkat pagi atau siang hari untuk mengatasi kemacetan.

Berdasarkan data penumpang Pelabuhan Merak, pada H-5 tercatat 46.309 penumpang pejalan kaki dan di atas kendaraan, sedangkan jumlah kendaraan sebanyak 8.581 unit.

Terpopuler