Sabtu Ini Jalanan Padat Merayap

Rep: Ita Nina Winarsih, Lilis Sri Handayani/ Red: M Irwan Ariefyanto

Sabtu 03 Aug 2013 23:43 WIB

 Pemudik dengan kendaraan pribadi mengantre di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (3/8).  (Republika/Rakhmawaty La'lang) Pemudik dengan kendaraan pribadi mengantre di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (3/8). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Arus kepadatan mudik Lebaran 2013 di sejumlah lokasi sudah mulai terlihat. Kepadatan pemudik diprediksikan terjadi pada Sabtu (3/8) hingga Ahad (4/8). Hingga Sabtu (3/8), volume kendaraan yang melintas di jalur pantura tampak padat merayap. Jumlah kendaraan yang melintas di Tol Cikampek mencapai 70 ribu unit lebih.

Di jalur Indramayu-Subang-Cirebon, kendaraan yang melintas hanya bisa melaju dengan kecepatan 20-30 kilometer per jam, terutama selepas perbatasan jalur pantura Karawang-Subang. Kepadatan di jalur pantura Subang ini terjadi sejak perbatasan Karawang hingga Pasar Ciasem. Selepas Pasar Ciasem, arus lalu lintas menuju perbatasan Subang-Indramayu relatif lancar.

Memasuki H-5 Lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah, daerah pantura Cirebon dipadati iring-iringan pemudik yang menggunakan sepeda motor dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah. AKP Yana Mulyana Kasubag Humas Polres Cirebon Kota di Pospam Lebaran Kanggaraksan mengatakan, volume kendaraan pemudik yang melintasi Cirebon meningkat signifikan. “Ribuan kendaraan roda dua melintasi Cirebon dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah, untuk perjalanan siang hari mereka masih mendominasi dibandingkan pemudik roda empat,” katanya.

Di Purwakarta, volume kendaraan yang keluar gerbang Tol Cikopo mengalami peningkatan. Bahkan, pertigaan Cikopo diberlakukan buka tutup. Rekayasa lalu lintas ini guna mengurai kemacetan di depan gerbang Tol Cikopo sampai Simpang Jomin (Karawang) menuju pantura.

Berdasarkan pantauan Republika, kendaraan yang keluar Tol Cikopo dialihkan ke jalur arteri Cikopo-Sadang (Purwakarta). Tujuannya, jalur utama tengah Sadang-Subang via Kalijati. Akan tetapi, upaya pengalihan ini tak berjalan mulus. Sebab, di perempatan Sadang mengalami kepadatan. Bahkan, kendaraan berhenti total. Akibatnya, kendaraan mengular sampai Kecamatan Bungursari. “Ada stuck di Sadang hingga Bungursari,” ujar KBO Lantas Polres Purwakarta Iptu Rullyanto Pahroen, kepada Republika, Sabtu (3/8).

Memasuki H-5 Lebaran, kecelakaan terjadi di jalur pantura Indramayu. Bus Gunung Mulia yang melaju dari arah Solo menuju Jakarta menabrak pembatas jalan hingga melintas ke jalur berlawanan di jalur pantura //by pass// Kecamatan Widasari, Indramayu, Sabtu (3/8). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, lamanya proses evakuasi bus membuat arus lalu lintas di jalur pantura Widasari sempat mengalami kemacetan. Tak jauh dari lokasi, Tarudin, seorang pemudik yang menggunakan sepeda motor, tewas akibat ditabrak sebuah truk di Desa Ujung Jaya, Widasari, Indramayu, Sabtu (3/8) siang.

Terpopuler