Lalu Lintas Arteri Karawang-Cikampek Tak Bergerak

Red: Mansyur Faqih

 Sabtu 03 Aug 2013 22:33 WIB

Kemacetan Foto: Antara Kemacetan

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Arus lalu lintas di jalan arteri Kabupaten Karawang, Jawa Barat hingga jembatan layang Pasar Cikampek menuju simpang Jomin padat dan nyaris tidak bergerak pada H-5 Lebaran 2013 atau Sabtu (3/8) malam. Kendaraan pemudik mulai memadati jalan arteri Karawang akibat adanya pengalihan arus lalu lintas di perempatan Dawuan. Kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Kalihurip (Dawuan) diarahkan ke Bundaran Depo Pertamina.

Di Bundaran Depo Pertamina, kendaraan dari arah gerbang Tol Kalihurip yang akan memutar ke jalan arteri Karawang bertemu dengan yang keluar dari arah gerbang Tol Karawang Timur. Sehingga arus lalu lintas tersendat di titik tersebut. 

Sejak Sabtu sore hingga malam, kendaraan yang melintasi jalan arteri Karawang menuju jembatan layang Cikampek hingga ke simpang Jomin didominasi kendaraan pribadi dan bus. 

Dari pantauan, kepadatan kendaraan dari jalan arteri Karawang hingga mengakibatkan kemacetan sampai ke jembatan layang Pasar Cikampek terjadi akibat adanya penyempitan dan pertemuan arus di bawah jembatan layang tersebut. Di bawah jembatan layang pasar Cikampek atau di jalan Jenderal Sudirman Cikampek itu, kendaraan dari arah jalan arteri Karawang bertemu arus dengan kendaraan dari bawah jembatan layang. 

Selepas jembatan layang pasar Cikampek menuju jembatan layang simpang Jomin, arus lalu lintas juga tersendat. Sebab ada penyempitan jalan dan pertemuan arus di simpang Jomin. 

Seorang pemudik, Joko mengaku, sudah terjebak macet sejak selepas Maghrib dan hingga kini, sekitar pukul 22.00 WIB, masih terjebak macet di wlayah Cikampek. Awalnya ia mengaku memilih keluar gerbang Tol Dawuan agar tidak terjebak macet di gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Purwakarta menuju jalur Pantura Karawang. 

"Tetapi ternyata sama saja, keluar dari gerbang Tol Dawuan, saya justru diarahkan ke jalan arteri Karawang. Kemudian memutar arah di bundaran depan Depo Pertamina. Jadi saja terjebak macet," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X