Hatta Ingin Tradisikan Mudik Gratis

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Mansyur Faqih

Sabtu 03 Aug 2013 19:15 WIB

Hatta Rajasa Foto: Republika/Tahta Aidilla Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Amanat Nasional (PAN) sudah tiga tahun secara beruntun menyelenggarakan mudik gratis. Peminatnya dari tahun ke tahun terus meningkat. Pada 2011, PAN hanya memberangkatkan sekitar lima ribu pemudik, pada 2012 sekitar 10.250 pemudik. Sementara tahun ini sebanyak 12.548 orang diberangkatkan ke kampung halamannya.

"Ini PAN yang ketiga kalinya, dilakukan setiap tahun untuk membantu transportasi," kata Ketua Umum PAN Hatta Rajasa saat memberangkatkan pemudik dari kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (3/8). Hadir dalam acara itu Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Amien Rais dan Ketua DPP PAN Azwar Abubakar.

Hatta menyatakan, kegiatan mudik gratis perlu ditradisikan dan dilakukan terus-menerus ke depannya. Karena banyak warga yang bekerja di Jakarta dan ingin pulang menikmati Lebaran di daerahnya, namun terkendala biaya transportasi. 

Untuk itu, ia minta dukungannya agar PAN tetap amanah dalam memperhatikan masalah rakyat. "PAN peduli pada saudara kita, PAN itu antikorupsi. Kalau korupsi uang rakyat, rakyatnya jadi sengsara," ujar Menko Perekonomian tersebut.

Hatta mengingatkan agar pemudik yang memiliki rezeki berlebih dapat berbagi dengan yang masih mengalami kekurangan. Dengan begitu, diharapkan setiap orang yang pulang kampung dapat selamat sampai tujuan dan merayakan Idul Fitri 1434 H bersama keluarga.

Ketua Panitia Mudik Gratis Bersama PAN, Laurens Bahang Dama mengatakan, total pendaftar mudik sebanyak 13.548 orang. Sementara yang mengambil tiket 12.648 orang. Rinciananya, pemudik tujuan ke Jawa Tengah dan Yogyakarta sebanyak 8.737 orang, Jawa Timur 3.439 orang, dan Sumatra 472 orang. 

Untuk memanjakan pemudik, kata dia, dipilih armada bus eksekutif agar perjalanan jauh bisa terasa lebih nyaman. "Pemudik diangkut menggunakan 248 bus dengan tujuan 67 kota," kata ketua Komisi V DPR itu. 

 

 

 

 

 

.

Eagle flies alone

Terpopuler