Pemudik Motor Dominasi Jalur Semarang-Salatiga

Red: Taufik Rachman

Sabtu 03 Aug 2013 16:14 WIB

Pemudik motor Foto: Antara Pemudik motor

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG--Pemudik dengan mengendarai sepeda motor sudah mulai dominasi jalur utama Ungaran Kabupaten Semarang hingga Kota Salatiga, Sabtu, atau H-5 Lebaran.

Pantauan di Jalur Ungaran (Kabupaten Semarang) hingga Kota Salatiga hingga sekitar pukul 11.00 WIB arus lali lintas dari kedua arah itu lancar.

Jumlah kendaraan sepeda motor yang melintas di Pos Pelayanan Benteng Ungaran Kabupaten Semarang dari arah Jakarta, mencapai sekitar 30 hingga 35 sepeda motor setiap menitnya.

Sementara itu pemudik dengan mobil pribadi dari arah Jakarta menuju Solo saat melintas di Pos Pelayanan Benteng Ungaran rata-rata sekitar 15 hingga 17 kendaraan per menitnya.

Kendaraan pemudik yang melintas jalur utama dari Ungaran hingga Kota Salatiga masih lancar. Bahkan, sejumlah kendaraan banyak yang melaju dengan kecepatan tinggi.

Jalur utama mudik di sepanjang Ungaran yang Lebaran tahun sebelum titik rawan kemacetan seperi Pasar Bandarjo, Pasar Karangjati, dan pintu keluar tol di Jalan Diponegoro, kini kondisi arus lalu lintas lancar.

Menurut Petugas jaga di Pos Pelayanan Benteng Ungaran, anggota Polres Kabupaten Semarang Aiptu Mistanto, kondisi arus lalu lintas yang melintas Ungaran Kabupaten Semarang, hingga kini lancar-lancar saja.

"Pengendara sepeda motor memang lebih banyak dibanding mobil pribadi pada H-5 Lebaran ini. Kami prediksikan arus mudik akan mengalami peningkatkan pada Senin (5/8) atau H-3 Lebaran," kata Mistanto.

Ia menjelaskan, dengan dibukanya jalan tol Ungaran-Bawen dapat memecah kendaraan arus mudik dari arah Semarang. Sehingga, kendaraan yang melintas Ungaran berkurang.

Sementara jumlah kendaraan yang keluar dari pintu tol Bawen cukup ramai dan mereka mayoritas jenis mobil pribadi menuju arah Solo.

Jumlah kendaraan roda empat yang keluar dari pintu tol Bawen, sekitar pukul 09.30 WIB, rata-rata sekitar 14 hingga 15 mobil per menitnya.

Terpopuler