Puluhan Ribu Kendaraan Mudik Mulai Masuki Bekasi

Red: Dewi Mardiani

Sabtu 03 Aug 2013 09:53 WIB

Pantura mulai dipadati pemudik. Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara Pantura mulai dipadati pemudik.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Satuan Lalu Lintas Polresta Bekasi Kota, Jawa Barat, mencatat sebanyak 47.250 kendaraan pemudik dari arah Jakarta dan sekitarnya melintas di wilayah setempat pada Jumat (2/8).

"Jumlah itu terdiri atas 42.740 unit motor dan 4.510 unit mobil yang menuju ke arah timur," ujar Kepala Urusan Bina Operasional Lalu Lintas Polresta Bekasi Kota, IPTU Ani Widayati, di Bekasi, Sabtu (3/8).

Menurut dia, jumlah itu terpantau oleh tim panel data pos pengamanan Operasi Ketupat Jaya 2013 di Jalan M Hasibuan, Bekasi Selatan, selama 24 jam penuh. "Pemudik tersebut melintasi dua koridor jalur mudik di Kota Bekasi, yakni KH Noer Alie-M Hasibuan-Chairil Anwar dan Sultan Agung-Sudirman-Ir H Djuanda," ujarnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Bekasi Kota, Kompol Arsal Sahban, mengatakan 90 persen pemudik melintas di koridor utama mudik yakni jalur KH Noer Alie-M Hasibuan-Chairil Anwar. "Pemudik di koridor utama didominasi kendaraan pemudik yang berasal dari DKI Jakarta, Banten, Lampung, dan Sumatra," katanya.

Sementara itu koridor alternatif yang meliputi Jalan Sultan Agung - Sudirman - Ir H Djuanda diperkirakan akan didominasi kendaraan mudik dari kawasan Jakarta Utara dan sekitarnya. "Sejauh ini situasi lalu lintas pemudik masih kondusif, belum terpantau adanya korban kecelakaan atau kemacetan yang berarti," katanya.

Terpopuler