Puskesmas di Jalur Lintas Timur Disiagakan

Red: Dewi Mardiani

Sabtu 03 Aug 2013 09:42 WIB

Puskesmas, ilustrasi Puskesmas, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Beberapa Pusat Kesehatan Masyarakat di sepanjang jalur lintas timur disiagakan selama arus mudik dan balik Lebaran, untuk mengantisipasi apabila ada kejadian tidak diinginkan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, dr Fenty Aprina, di Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel) Sabtu (3/8), membenarkan beberapa Puskesmas disepanjang jalur mudik disiagakan dalam membantu kenyamanan Lebaran. Ia mengatakan Puskesmas terutama di pinggir jalan lintas perlu siaga saat arus mudik dan balik Lebaran.

Selain petugas kesehatan yang membantu pengamanan lebaran yang berada di posko pelayanan pihaknya juga membuka Puskesmas dipinggir jalan arus mudik terutama yang padat dilalui kendaraan. Semua itu dilakukan untuk mengantisipasi bila ada hal yang tidak diinginkan sehingga arus mudik berjalan lancar.

Memang, kata dia, pelayanan kesehatan menjadi hal utama dalam perjalanan menuju ke kampung halaman dalam lebaran ini sehingga pihaknya juga tergabung dalam tim pengamanan Idul Fitri. Ia mengatakan, tim gabungan petugas pengamanan arus mudik Lebaran yang dilepas Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, lalu anggotanya antara lain tim kesehatan, dinas perhubungan, SAR dan PMI.

Selain membantu dalam pelayanan, dinas kesehatan kabupaten dan kota juga ada yang melakukan tes urine bagi para supir angkutan mudik. "Semuanya itu dilakukan agar perjalanan mudik dan balik berjalan lancar, dan tidak ada hambatan," katanya.

Terpopuler