Empat Hal yang Harus Diperhatikan Pemudik

Rep: Alicia Saqina/ Red: M Irwan Ariefyanto

Sabtu 03 Aug 2013 04:36 WIB

 Pemudik kapal laut. Foto: Antara/Dhoni Setiawan Pemudik kapal laut.

REPUBLIKA.CO.ID,CILEGON -- Pemudik rentan terkena penyakit. Padatnya manusia dan hiruk-pikuk di titik-titik mudik, mampu menjadikan jalannya masuk penyakit terbuka. Untuk tetap menjaga kesehatan fisik agar kegiatan bermudik tak terganggu, maka setiap pemudik wajib menyimak tips-tips berikut.

Subdit Higiene Sanitasi Pangan Direktorat Penyehatan Lingkungan Direktorat Jenderal PP dan PL Kementerian Kesehatan RI, setidaknya menyebutkan ada empat hal yang harus diperhatikan pemudik, selama dalam perjalanan mereka.

Sebaiknya pemudik lakukan,

Hal pertama, cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan. Pemudik wajib mencuci tangan dengan menggunakan sabun, saat sebelum menyentuh makanan. Jika tidak ada air, maka pemudik bisa membersihkan tangan dengan menggunakan tisu basah.

Hal kedua yaitu, pilih makanan yang berasal dari bekal yang dipersiapkan dari rumah atau makanan yang didapatkan dari rumah makan atau warung makan yang bersih, aman, dan sehat.

Kemenkes mengimbau, agar para pemudik waspada terhadap kasus pembiusan. Jangan mengonsumsi makanan dan minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal.

Diingatkan pula, agar para pemudik memakan makanan yang benar-benar matang.

Hal selanjutnya yaitu perbekalan. Bila berniat membawa sejumlah perbekalan, pemudik harus membawanya yang disiapkan dari rumah. Bekal yang dibawa sendiri dari rumah ini sebaiknya ialah, makanan yang tidak berprotein tinggi, seperti mengandung santan, telur, dan susu serta berkadar air tinggi seperti lemper dan kue basah.

Diimbau pula, untuk menghindari makanan pedas dan asam. Jangan mengonsumsi alkohol. Serta, tak lupa, baiknya makanan berprotein dan berkadar air tinggi segera dikonsumsi kurang dari empat jam.

Sebaiknya juga untuk bekal yang dibawa yaitu makanan kering atau minuman dalam kemasan seperti roti, biskuit, dan minuman botol atau kalengan. Ingat, pastikan membeli minuman botol atau kaleng pada agen atau toko resmi. Hal ini untuk menghindari adanya penggunaan bahan berbahaya bagi kesehatan.

Tak lupa, agar pemudik memperhatikan juga tanggal kedaluwarsa produk-produk makanan di atas.

Tips ketiga makanlah buah hanya yang dapat dikupas kulitnya. Adapun buah-buahan yang hanya dapat dikupas kulitnya ialah, seperti jeruk, pisang, mangga, dan lain-lain. Perlunya mengonsumsi buah-buahan segar seperti ini, agar kondisi tubuh tetap sehat selama dalam perjalanan.

Kemudian, yang terakhir yaitu, apabila setelah makan dan minum terjadi hal-hal yang tak mengenakkan seperti kepala pusing, muntah-muntah, gatal-gatal, perut sakit, serta diare, agar segera menghubungi petugas kesehatan di fasilitas pelayanan terdekat. Di musim seperti ini, di setiap-setiap titik mudik, pemerintah atau pihak berwenang setempat tentu menyediakan fasilitas kesehatan.

Seperti contoh yang ada di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Cilegon, Banten. Di sini, terdapat sejumlah posko kesehatan yang sengaja disediakan khusus bagi pemudik.

Terpopuler