Pemudik Berkendaraan Mulai Padati Pelabuhan Merak

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Jumat 02 Aug 2013 23:15 WIB

 Personil Brimob Banten melakukan penjagaan di gang way Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (2/8).    (Republika/Rakhmawaty La'lang) Personil Brimob Banten melakukan penjagaan di gang way Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (2/8). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK-- Pemudik dengan kendaraan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (2/8) malam, mulai ramai memadati areal parkir dermaga pelabuhan untuk menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

 Pemudik berkendaraan, mulai dari motor hingga mobil itu datang sejak pukul 20.00 WIB, dan diperkirakan hingga dini hari terus bardatangan. Meskipun terjadi kepadatan kendaraan, arus mudik tampak berjalan lancar.

"Kami bekerja keras untuk mengatur lalu lintas agar kendaraan bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung," kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario S. Oetomo di Merak.

Menurut dia, saat ini, lonjakan jumlah penumpang maupun kendaraan yang hendak menyeberang ke Pulau Sumatera mulai meningkat jika dibandingkan dengan sore hari.

Mereka para pemudik memilih berangkat malam hingga dini hari sehingga terjadi kepadatan kendaraan di sekitar areal parkir dermaga Pelabuhan Merak pada waktu itu, namun, seluruh penumpang dan kendaraan bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Kami mengoperasikan kapal sebanyak 28 armada untuk mengatasi kepadatan penumpang dan kendaraan," katanya. Ia memprediksi bahwa puncak arus mudik pada H-3 karena sudah memasuki liburan (masa libur) Idulfitri 1434 Hijriah.

"Hingga kini kamii memperkirakan kendaraan yang sudah diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung di atas 8.000 unit," katanya.

Terpopuler