Kemenhub Berangkatkan Pemudik Sepeda Motor Lewat Laut

Red: Hazliansyah

Jumat 02 Aug 2013 20:55 WIB

 Arus mudik kapal laut. (ilustrasi) Foto: Antara/Untung Setiawan Arus mudik kapal laut. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ribuan pemudik dengan sepeda motor akan diangkut oleh KM Dobonsolo dan rencana pelepasannya akan dilakukan oleh Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan di dermaga Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Sabtu (3/8).

"Sampai dengan Jumat (2/8) sore, para pemudik yang sudah mendaftar sebanyak 1.338 unit sepeda motor dan 2.695 orang penumpang," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub, Bambang S Ervan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, aktivitas mudik gratis itu merupakan upaya Kemenhub dalam membantu masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke kampung halaman dengan lebih aman dan nyaman.

Melalui mudik gratis tersebut, lanjutnya, diharapkan dapat mengurangi tingkat kecelakaan dan kepadatan arus mudik pengendara sepeda motor khususnya di jalur pantura.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyediakan angkutan laut gratis bagi pemudik sepeda motor dengan menggunakan kapal.

Dua kapal yang disiapkan untuk mengangkut pemudik tersebut adalah KM Dobonsolo milik PT Pelni dan KRI Banda Aceh milik TNI AL.

KM Dobonsolo memiliki kapasitas angkut sebanyak 1.700 motor dan 3.400 orang penumpang. Sedangkan KRI Banda Aceh memiliki kapasitas angkut sebanyak 1.000 motor dan 2.000 penumpang.

Kedua kapal tersebut rencananya masing-masing akan mengangkut para pemudik dan sepeda motornya dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, sebanyak dua kali pemberangkatan mudik dan satu kali kepulangan (arus balik).

Terpopuler