Polda Lampung Kawal Kapal Feri

Red: Hazliansyah

Jumat 02 Aug 2013 17:57 WIB

Sebuah kapal feri milik PT ASDP Indonesia Ferry melintas di jalur masuk Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Foto: Antara/Kristian Ali Sebuah kapal feri milik PT ASDP Indonesia Ferry melintas di jalur masuk Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, BAKAUHENI -- Ditpolair Polda Lampung menyiapkan kapal patroli khusus untuk mengawal kapal feri yang melayani penyeberangan penumpang dari Pelabuhan Bakauheni Lampung sampai Pelabuhan Merak Banten selama angkutan lebaran berlangsung.

"Kami menyiagakan enam kapal patroli di pelabuhan Bakauheni untuk pengawalan serta dua kapal bantuan dari Mabes Polri," kata Direktur Polair Polda Lampung Kombes Pol Edion, di Bakauheni, Jumat.

Ia menjelaskan, pihaknya menyiagakan 19 kapal patroli baik dari Polda maupun kepolisian resor. Namun, pelayanan mudik lebaran dipusatkan di jalur penyeberangan Selat Sunda yang menjadi jalur utama penyeberangan yang membutuhkan pengawalan lebih ketat.

"Kami juga menyiagakan enam "sea raider" selain kapal patroli tersebut," kata dia.

Selanjutnya, pengamanan di jalur penyeberangan Selat Sunda juga akan mendapatkan tambahan dua kapal patroli dari Mabes Polri yang nantinya juga untuk mengantisipasi terjadinya kejahatan maupun kecelakaan pelayaranan di atas kapal selama mudik lebaran tahun ini.

"Kita juga menyiagakan racun api untuk melakukan pemadaman jika terjadi kebakaran dan peralatan lainnya untuk mengantisipasi kebakaran di kapal feri," katanya.

Selain itu, kata dia, untuk mengantisipasi tindak kejahatan diatas kapal, Polair Polres Lampung Selatan akan menempatkan dua personel di setiap kapal Ro-ro.

Terpopuler