ASDP Merak Siap Berlakukan Potongan Siang Hari

Rep: Alicia Saqina/ Red: Dewi Mardiani

Jumat 02 Aug 2013 16:50 WIB

 Pemudik kapal laut. Foto: Antara/Dhoni Setiawan Pemudik kapal laut.

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Persero Indonesia Ferry Cabang Merak menyatakan siap, jika ASDP pusat benar memberlakukan potongan harga tiket bagi pemudik yang melakukan penyeberangan di siang hari. Jika kebijakan tersebut benar sudah diputuskan oleh ASDP pusat, maka Pelabuhan Penyeberangan Merak pun akan menjalankan instruksi tersebut.

Humas PT (ASDP) Persero Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario S Oetomo, mengatakan jika pihaknya telah menerima keputusan kebijakan tersebut, maka proses pemberlakuan potongan tarif tiket bagi penyeberang di siang hari itu, tidak lah sulit. ''Ya, jika memang demikian keputusannya, maka untuk pemberlakuan hal tersebut di sini, mudah,'' ujar Mario, Jumat (2/8), di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

Ia menjelaskan alasan, mengapa penerapan pemberian potongan harga untuk tiket penyeberangan siang hari itu tidak lah sulit. Mario mengungkapkan, sebab pembayaran di loket untuk pembelian tiket penyeberangan di Pelabuhan Merak, memakai sistem elektronik. ''Intinya, kami siap jika memang dari pusat memutuskan untuk menerapkan potongan harga tersebut. Jika iya, ini pun mudah penggantian sistemnya,'' katanya.

Sementara itu, Mario mengakui, belum bisa memastikan waktu pemberlakuan kebijakan ini.Dia telah mendengar informasi baik yang datangnya langsung dari Kementerian Perhubungan ini. Namun, hingga saat ini pun belum ada ketetapan dari ASDP pusat tentang pemberlakuan diskon. Sehingga saat ini pula Pelabuhan Penyeberangan Merak, belum memberlakukan potongan harga penyeberangan itu.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan RI EE Mangindaan menyatakan bahwa pihaknya telah meminta kepada PT ASDP, untuk memberikan diskon tarif penyeberangan bagi seluruh pemudik yang melakukan penyeberangan siang hari di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Alasannya, jelas Mangindaan, potongan harga ini dirasa mampu mengurai kepadatan pemudik di Pelabuhan Merak kala musim mudik Lebaran ini.

Ia mengungkapkan, sebab umumnya banyak pemudik yang menggunakan jasa pelabuhan penyeberangan di Merak, memutuskan menyeberangi Selat Sunda itu pada malam hari. Sementara, jika diskon penyeberangan siang hari ini diberlakukan, maka volume kepadatan kendaraan pemudik kala malam hari di Pelabuhan Merak, Banten pun, akan berkurang.

Terpopuler