PMI Siagakan 200 Pos Pertolongan Pertama

Rep: Andi Nur Aminah/ Red: Mansyur Faqih

Jumat 02 Aug 2013 16:44 WIB

Palang Merah Indonesia (PMI) Foto: Antara/Dhoni Setiawan Palang Merah Indonesia (PMI)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menghadapi Idul Fitri tahun ini, Palang Merah Indonesia (PMI) menyiagakan 200 pos pertolongan pertama dan memobilisasi 50 unit ambulans. Pos tersebut ditempatkan di jalur mudik yang rawan dan ruas-ruas strategis di wilayah Jawa, Sumatra dan Bali. Seperti terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan dan tempat wisata. 

"Mulai H-7 dan H+7, sekitar seribu relawan, termasuk dokter dan perawat, akan siaga di pos-pos pertolongan pertama gabungan dan ambulans PMI untuk membantu pemudik," ujar Kepala Divisi Pelayanan Sosial dan Kesehatan Markas Pusat PMI, Arfan dalam siaran persnya, Jumat (2/8).

Selama siaga lebaran, pos pertolongan pertama PMI bekerja sama dengan berbagai pihak. Seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Jasa Marga, TNI, dan Polri. Menurut Arfan, PMI menargetkan dapat memberikan pelayanan kepada 10 ribu pemudik di wilayah Jawa, Sumatra dan Bali.

PMI juga akan memberikan media KIE berupa gambar tempel (sticker), spanduk keselamatan berkendara di jalan raya (road safety) dan buku saku kepada para pemudik. Sementara itu relawan PMI juga akan bekerja sama posko siaga Astra untuk menyediakan tenaga paramedis di sembilan pos siaga di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.