H-7 Lebaran, Kemacetan Terjadi di Cirebon

Rep: Hannan Putra/ Red: Djibril Muhammad

Jumat 02 Aug 2013 16:28 WIB

Persiapan jalur mudik/ilustrasi Foto: Antara Persiapan jalur mudik/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Memasuki H-7, kepadatan kendaraan di Jalur Pantura memasuki Kabupaten Cirebon tampak ramai lancar. Namun, 1 km dari batas kota Indramayu-Cirebon, arus kendaraan yang padat berubah jadi macet.

Hal berbeda terlihat di jalur sebelah, jalan Cirebon-Jakarta tampak sepi. Sesekali, mobil pribadi dan bus AKAP tampak melintas. Penyebab kemacetan di Jalan By Pass Bunder disebabkan adanya pasar tumpah di Tegal Gubug.

Polres Cirebon yang berjaga-jaga di Pospam Perempatan Buder telah menyiapkan jalur alternatif. "Jika arus kendaraan sudah macet, kita akan alihkan kendaraan dari pos pam Bunder ke Pospam Jenun. Tapi sekarang masih tergolong ramai lancar," kata koordinator Pospam Polres Cirebon, Aiptu Hasadi.

Pospam perempatan Bunder juga mengimbau para pengendara melalui corong mikrofon sekali lima menit. Melalui imbauan tersebut, pengendara yang lelah dihimbau untuk beristirahat di rest area. Hasadi juga mengingatkan pengendara mudik tentang keamanan-keamanan berkendara dan jalur-jalur yang dilalui.

Untuk membantu polres Cirebon dalam mengatur arus lalu lintas, 22 anggota pramuka Bhayangkara ikut membantu polisi. Mereka berasal dari SMU 1 Susukan dan SMK Ciwaringin.

Bagi pemudik yang memasuki Cirebon, dapat memanfaatkan rest area berikut; Untuk kawasan Susukan sampai Palimanan, terdapat lokasi rest area di Mapolsek Susukan, RM Pringsewu Arjawinangun, Pasar Gaya Winong, dan Mako Brimob.

Untuk kawasan Palimanan-Weru, rest area berada di Mapolsek Gempol dan Pabrik Rotan Beladona. Untuk kawasan Asjap sampai Losari, rest area terdapat di Mapolsek Asjap, Mapolsek Pangenan, RM Kalijaga, SMPN 1 Losari, Makoramil Losari, dan Mapolsek Losari. Sedangkan di sepanjang tol Palikanci, terdapat rest area di km 226 dan 227 untuk arus balik.

Terpopuler