Cuaca Merak Berawan Hingga Malam Nanti

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Djibril Muhammad

Jumat 02 Aug 2013 13:32 WIB

 Sejumlah penumpang tujuan pulau sumatera melintas di gang way menuju kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (1/8).  (Republika/Rakhmawaty La'lang Sejumlah penumpang tujuan pulau sumatera melintas di gang way menuju kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (1/8). (Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Pada sore hingga malam nanti, Jumat (2/8), cuaca di Serang, Banten dan sekitarnya diperkirakan berawan dan hujan dengan intensitas ringan.

Koordinator Cuaca Posko Info Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lebaran 2013 Taufik Hidayah mengatakan sore hingga malam diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan. Pagi tadi sempat terjadi gerimis, namun siang ini cuaca di sekitar Pelabuhan Penyeberangan Merak cerah.

"Untuk jalur mudik di Perairan Selat Sunda masih kondusif," katanya saat ditemui Republika, di Dermaga II Pelabuhan Merak, Jumat (2/8).

Saat ini gelombang laut masih normal dengan tinggi 0,3 meter. Jika gelombang laut sudah di atas dua meter disarankan kapal sebaiknya ditunda keberangkatannya.

Cuaca ekstrem di Banten dan sekitarnya masih berpotensi terjadi akibat anomali cuaca. Kategori cuaca ekstrem antara lain, angin dengan kecepatan di atas 25 knot, curah hujan di atas 100 milimeter sehari dan suhu di atas 33 derajat Celcius. Suhu udara saat ini 28 derajat Celcius. 

BMKG mengoperasikan Mobile Weather Radar atau radar cuaca bergerak dan Weather Emergency Service atau Layanan Cuaca Darurat. Posko terpadu BMKG ini juga memantau kecepatan angin, solar radiasi, curah hujan dan tekanan udara. "Kadang penumpang juga ada yang bertanya soal kondisi cuaca di Lampung," kata Taufik.

Posko ini mulai beroperasi mulai 1 Agustus sampai 8 Agustus 2013 atau saat Lebaran. Informasi cuaca di update setiap satu jam sekali. Posko info cuaca berada di Pelabuhan Merak mulai tahun lalu saat Natal. Posko beroperasi selama 24 jam.

Terpopuler