Busana Muslim Batik Cirebon Kebanjiran Pesanan Jelang Lebaran

Red: Didi Purwadi

Jumat 02 Aug 2013 10:20 WIB

Batik Cirebonan Foto: Antara/Agus Bebeng Batik Cirebonan

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Para perajin tradisional di Kabupaten Cirebon dan Indramayu, Jawa Barat, menyatakan bahwa permintaan berbagai jenis busana muslim pria dan wanita berbahan batik menjelang Lebaran 2013 meningkat.

"Permintaan berbagai motif busana muslim berbahan batik tulis menjelang Lebaran meningkat. Biasanya dalam satu pekan terjual sekitar 20 lusin, kini bisa mencapai 30 lusin," kata seorang pedagang batik setempat, Rusmayanto, di Cirebon, Jumat.

Ia menjelaskan permintaan berbagai motif busana muslim pria dan wanita berbahan batik tulis sejak dua bulan terus naik. Karena, busana tersebut semakin diminati oleh konsumen baik untuk pasar lokal maupun ekspor ke Singapura.

Sebelumnya, katanya, busana muslim berbahan batik tulis khas Cirebon kurang laku. Akan tetapi, katanya, pengembangan model sesuai dengan keinginan pasar telah membuat omzet terus meningkat.

Ia menjelaskan kreativitas mengembangkan busana berbahan batik, mampu mendongkrak penjualan batik pada berbagai kesempatan, seperti menjelang Lebaran untuk busana muslim dan saat tahun ajaran baru terkait dengan seragam sekolah.

Sementara Bupati Cirebon, Dedy Supardi, mengatakan usaha batik Cirebon cukup menggairahkan. Dedy mengharapkan usaha tersebut makin berkembang dan mampu meningkatkan kunjungan wisata batik Cirebon.

Terpopuler