Warga Diminta Jangan Rayakan Lebaran dengan Petasan

Red: Didi Purwadi

Jumat 02 Aug 2013 06:20 WIB

 Para pedagang menjajakan beragam jenis dan ukuran petasan serta kembang api. Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang Para pedagang menjajakan beragam jenis dan ukuran petasan serta kembang api.

REPUBLIKA.CO.ID, LANGKAT -- Bupati Langkat, Sumatera Utara, Haji Ngogesa Sitepu, meminta warga tidak menggunakan petasan dalam merayakan Idul Fitri 1434 Hijriah. Karena, hal itu akan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Diminta agar masyarakat Langkat tidak menggunakan petasan saat berlebaran," kata Bupati Ngogesa Sitepu seperti dikutip Antara.

Ini penting karena petasan yang dibunyikan bisa mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah,'' katanya. ''Karena itu, masyarakat diharapkan mematuhinya.''

Dia juga berharap aparat kepolisian dapat proaktif mengingatkan masyarakat untuk tidak menggunakan petasan dalam menyambut Lebaran.

Ngogesa juga menyarankan warga yang ingin bepergian atau mudik ke kampung halamannya agar mematikan arus listrik, mematikan kompor, sekaligus mengunci pintu dan jendela agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Titipkan rumah pada jiran ataupun tetangga yang tidak pergi mudik agar tetap aman dari pencurian," katanya.

Terpopuler