Polres Sukabumi Kota Dirikan Sembilan Pos Pam Lebaran

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Djibril Muhammad

Kamis 01 Aug 2013 23:51 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Sebanyak sembilan pos pengamanan (Pos Pam) lebaran dibangun di sejumlah titik di Kota Sukabumi. Keberadaan Pos Pam ini untuk menjaga keamanan dan kelancaran arus mudik lebaran.

Pos pam tersebut tersebar mulai dari perbatasan dengan Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Selain itu dibangun di sjeumlah pusat perbelanjaan dan terminal yang ada di Kota Sukabumi.

"Pos Pam sengaja didirikan di daerah perbatasan dan pusat keramaian," ujar Kapolres Sukabumi Kota AKBP Hari Santoso, kepada wartawan seusai upacara gelar pasukan pengamanan lebaran di Lapangan Merdeka, Kamis (1/8).

Sebab, daerah tersebut rawan terjadi tindakan kejahatan dan dipadati kendaraan. Menurut Hari, jumlah personel gabungan yang diterjunkan untuk pengamanan lebaran mencapai sebanyak 600 orang. Mereka berasal dari Polres Sukabumi Kota, Kodim 0607 Kota Sukabumi, dan sejumlah intansi Pemkot Sukabumi.

Hari mengatakan, operasi pengamanan lebaran akan dimulai pada H-7 hingga H+7 lebaran. Fokus pengamanan pada saat sebelum lebbaran dipusatkan pada pusat perbelanjaan dan pasar.

Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz mengatakan, Pemkot Sukabumi mendukung lancarnya arus mudik dan balik lebaran. Misalnya dengan menyiagakan petugas medis di jalur-jalur mudik seperti di Puskesmas Sukabumi, Benteng, dan Selabatu. "Puskesmas yang ada di pinggir jalan utama arus mudik harus tetap buka," terang Muraz.

Selain itu layanan rumah sakit di RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi juga harus tetap buka memberikan pelayanan.

Terpopuler